4 Productivity Hacks untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

Kesibukan setelah memasuki dunia perkuliahan terkadang bisa membuat mahasiswa menjadi kelelahan dan berkurangnya rasa semangat, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Adanya perkembangan teknologi yang pesat menjadi alasan mengapa kebanyakan mahasiswa Gen Z memprokrastinasikan tugas mereka. Hal ini tentu dapat memengaruhi kualitas individu itu sendiri.

Untuk memperbaiki kualitas diri di tengah pandemi, Anda sebagai seorang mahasiswa harus bisa menjadi manusia yang konsisten dalam mengerjakan dan mengejar target. Dalam hal ini, mahasiswa dapat menentukan apa motivasi kerja mereka. Meskipun terdengar mudah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan produktivitas yang praktis.

Menjadi Mahasiswa yang Produktif dengan Melatih Soft dan Hard Skill

Sebelum membahas tips agar tetap produktif, Anda harus mengetahui apa tujuan menjadi produktif sebagai mahasiswa.

Menjadi aktif dan produktif di kehidupan sehari-hari nyatanya tidak dilakukan oleh mahasiswa saja, semua kalangan baik dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa haruslah bisa menentukan kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu mereka. Ini dilakukan agar mereka dapat memahami apa aktivitas yang akan berguna nantinya di masa depan. Kegiatan bermanfaat dan positif dapat memberikan pandangan bahwa Anda mencintai diri Anda sendiri.

Terlebih ketika Anda sudah menginjak usia menuju dewasa, yaitu sebagai mahasiswa, yang dipaksa harus mengubah cara berpikir yang lebih baik. Ketika Anda bisa mengisi waktu luang dengan hal positif, secara tidak langsung Anda akan meningkatkan kualitas diri yang lebih baik karena kegiatan ini biasanya disesuaikan dengan apa yang Anda sukai.

Dengan kualitas diri yang baik, diharapkan Anda bisa menjadi mahasiswa yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih tepat dan memperbaiki integritas SDM di Indonesia.

Productivity Hacks untuk Mahasiswa yang Efektif dan Efisien

Di era serba digital seperti saat ini, para pelajar harus siap menghadapi banyak tantangan. Salah satunya adalah sifat malas dan prokrastinator. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, lakukan beberapa hal ini :

1.    Gunakan Teknik Pomodoro

Mungkin sebagian dari Anda ada yang pernah mendengar istilah ini. Pomodoro adalah sebuah teknik yang berasal dari bahasa Italia yang dapat mengajak Anda menjadi produktif sekaligus meningkatkan kemampuan manajemen waktu.

Teknik ini cukup mudah untuk dilakukan, yaitu tentukan apa saja hal yang ingin Anda lakukan dan sukai, dengan catatan kegiatan tersebut harus memberikan manfaat. Kemudian, set alarm atau pengingat di ponsel pintar Anda tiap 15 menit setelah melakukan kegiatan tersebut. Waktu selama 15 menit ini bisa Anda gunakan untuk istirahat. Ulangi kegiatan ini secara rutin.

2.    Buat To-Do List

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang dalam membuat to-do list adalah mencantumkan banyak agenda dalam sehari, sehingga mereka akan mudah kelelahan. Untuk itu, buatlah daftar aktivitas secukupnya saja, yaitu sekitar 3 — 5 per hari.

Supaya strategi ini lebih efisien dan efektif lagi, tentukanlah aktivitas yang paling Anda sukai dan memiliki tenggat waktu terdekat. Jangan lupa juga untuk menentukan goal Anda untuk ke depannya.

3.    Memperluas Koneksi

Sebagai seorang mahasiswa yang produktif, Anda dituntut untuk memiliki relasi dan networking yang luas supaya mampu mendukung kinerja Anda nanti setelah lulus kuliah. Koneksi merupakan salah satu privilege yang tidak semua orang mampu memilikinya dengan mudah.

Bagaimana caranya memperbanyak teman dan koneksi? Anda bisa mencoba untuk mengikuti beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) ataupun organisasi di kampus. Anda juga bisa melakukannya di luar lingkungan kampus, seperti mengikuti program volunteer online ataupun komunitas positif lainnya.

Di sini, kreativitas dan kebebasan berpendapat Anda akan dilatih. Tidak hanya itu, kemampuan berkomunikasi, kerja sama tim, dan soft skill lainnya akan Anda dapatkan dengan bergabung dalam komunitas internal maupun eksternal kampus.

4.    Terapkan Kualitas Hidup dan Lingkungan yang Sehat

Tidak hanya produktif dalam hal fisik saja, kesehatan rohani dan jasmani adalah modal utama untuk terus konsisten dalam berperan sebagai mahasiswa yang produktif. Mulailah untuk hidup lebih sehat meskipun pada kenyataannya terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan di kampus. Perbaiki kualitas tidur dan makan Anda.

Kemudian, saring juga proses pertemanan Anda dengan orang lain. Banyak teman memang hal bagus, tetapi teman yang baik adalah yang dapat mendukung dan mendorong Anda dalam melakukan hal positif.

Produktif menjadi salah satu bekal utama untuk menjadi mahasiswa yang sukses. Sebagai calon generasi penerus bangsa, Anda harus bisa beradaptasi dengan keadaan dan unggul dalam kecerdasan intelektual maupun spiritual. Yuk, perbaiki kualitas diri Anda untuk menjadi manusia yang paling berguna untuk perkembangan masa depan!

Artikel lain
×