Calon Entrepreneur, Kenali Jurusan Teknik Informatika yang Dibutuhkan dalam Membangun Usaha!

Dalam membangun bisnis atau perusahaan, tentunya kita memerlukan rekan yang ahli di bidangnya. Salah satu tim yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis di era saat ini adalah tim teknis yang bergerak di bidang digital. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah seorang ahli komputer yang tidak lain dan tidak bukan adalah lulusan dari Teknik Informatika.

Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan aplikasi, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Saat ini, lulusan dari jurusan Teknik Informatika mendapatkan ekspektasi tinggi dalam membangun jenjang karir. Berikut adalah alasan mengapa banyak perusahaan mencari lulusan Teknik Informatika.

  1. Kebutuhan perusahaan

Kebutuhan perusahaan dalam mencari ahli komputer untuk menjadi karyawan sedang tinggi-tingginya. Tidak bisa dipungkiri, semenjak era pandemi yang menyebabkan lockdown beberapa waktu lalu memaksa masyarakat kita untuk bertransformasi ke era digital lebih cepat dari biasanya. Hal ini jelas terjadi karena terjadi perubahan kebiasaan yang dulunya serba konvensional, dapat dilakukan serba digital. Hal tersebut menyadarkan masyarakat bahwa menggunakan teknologi dapat memudahkan kegiatan sehari-hari. Pada akhirnya, yang berperan penting dalam era teknologi tersebut adalah pembuat teknologi tersebut yang tidak lain dan tidak bukan adalah para programmer. Melihat peluang di dunia digital, para pengusaha khususnya start-up business tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berlomba-lomba memulai bisnis berbasis teknologi untuk ditawarkan kepada masyarakat.

  1. Programmer dapat bekerja dengan fleksibel

Ada banyak sekali jenis-jenis pekerjaan untuk para programmer dalam dunia kerja. Baik itu software developer, game developer, artificial intelligence, data scientist, web developer, dan lain-lain. Namun, di antara banyaknya jenis-jenis pekerjaan tersebut, programmer dianggap dapat lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan. Bagaimana tidak, programmer cenderung bekerja lebih efektif dan efisien. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang memaksa para programmer untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi seperti tren bahasa pemrograman, tren penggunaan software, sistem operasi, dan lain-lain sehingga tidak menutup kemungkinan perusahaan menuntut programmer profesional untuk beralih-alih pekerjaan seperti berpindah dari software developer menjadi game developer. Tentu, diperlukan adaptasi oleh para programmer itu sendiri. Karena hal ini juga, perusahaan sering mengirim programmer mereka untuk membangun relasi dan networking dengan programmer lain dalam acara-acara bootcamp, seminar, pelatihan, dan acara-acara lainnya.

  1. Soft skill programmer yang unik

Dalam perjalanan menjadi programmer, secara langsung maupun tidak langsung programmer membangun soft skill mereka seperti skill kolaborasi, kemampuan komunikasi, keahlian dalam melakukan presentasi, kemampuan adaptasi, dan yang paling melekat dalam seorang programmer adalah kemampuan problem solving atau kemampuan dalam memecahkan masalah. Bagaimana tidak, hal ini dikarenakan pekerjaan utama dari seorang programmer adalah memecahkan sebuah masalah dengan memanfaatkan teknologi. Selain itu, programmer juga seringkali dianggap sebagai orang yang memiliki kreativitas tinggi.

Itulah tiga dari sekian banyak alasan mengapa lulusan Teknik Informatika diperlukan perusahaan. Tentu, setiap perusahaan memiliki alasan dan tujuan yang berbeda dalam melakukan perekrutan programmer, namun pada dasarnya tiga alasan diatas yang sering kali dijadikan pertimbangan dalam merekrut seorang programmer. Tidak jarang juga ditemui programmer yang memulai bisnis sendiri ketimbang menjadi karyawan perusahaan. Namun, baik itu memulai bisnis sendiri, menjadi profesional, menjadi freelancer, prospek kerja dari lulusan Teknik Informatika sangatlah luas sehingga tidak heran jika jurusan ini sering muncul dalam rekomendasi kuliah yang ada pada media sosial.

Artikel lain
×