Dengan cara memasarkan produk secara online secara jitu, Anda bisa merasakan berbagai manfaat luar biasa bagi bisnis Anda. Pastinya, angka penjualan bisa melesat dan omzet tentunya ikut terdongkrak. Ditambah dengan biaya pemasaran online yang cenderung lebih mudah dibandingkan pemasaran konvensional, laba yang bisa Anda dapatkan juga tentu lebih optimal, kan?

Akan tetapi, sebelum Anda merasakan manfaat dari pemasaran produk secara online, tentu Anda harus menerapkan strateginya dulu. Kalau begitu, apa saja ya cara memasarkan produk secara online yang ampuh tingkatkan penjualan dan hasilkan omzet jutaan? Simak beberapa rekomendasinya berikut ini, yuk!

Fokus pada Media Sosial

Secara garis besar, kampanye pemasaran online tak pernah lengkap tanpa media sosial (medsos). Apalagi, pemasaran lewat media sosial bisa Anda lakukan tanpa biaya sama sekali, atau dengan biaya yang sangat terjangkau apabila Anda memutuskan untuk menggunakan fitur iklan di medsos.

Ditambah lagi, medsos adalah platform yang sangat ideal untuk bantu tingkatkan kesadaran masyarakat akan produk dan brand Anda (brand awareness). Jadi, meskipun pemasaran di medsos belum menghasilkan penjualan sekalipun – terutama untuk kampanye yang baru saja dimulai atau untuk bisnis yang baru dirintis – Anda sudah memulai langkah awal agar brand dan produk Anda dikenal audiens yang tertarget.

Bangun Pasar Anda Terlebih Dahulu

Sebenarnya, tak ada salahnya apabila Anda mulai memasarkan produk dengan menjualnya ke konsumen akhir terlebih dahulu sebelum Anda berinvestasi untuk biaya kampanye pemasaran besar-besaran. Sebab, para konsumen tersebut bisa menawarkan feedback yang bermanfaat bagi produk Anda, yang tentu bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi pemasaran.

Tawarkan Sampel Produk Secara Gratis

Salah satu tantangan terbesar yang harus Anda hadapi ketika berhadapan dengan calon pembeli baru berkaitan dengan keputusan pembelian. Sebab, pertimbangan orang ketika akan membeli barang baru akan jauh lebih banyak, dan hal ini pun dialami para calon pembeli baru Anda. Nah, Anda bisa permudah calon pembeli dalam membuat keputusan dengan menyediakan sampel gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Jalankan Program Afiliasi

Salah satu dampak dari internet adalah adanya inovasi berupa program afiliasi, seiring dengan meningkatnya popularitas pendapatan pasif (passive income). Anda bisa tawarkan program ini kepada reseller atau individu dengan imbalan berupa komisi untuk transaksi yang mereka lakukan.

Apabila dibandingkan dengan metode pemasaran online kebanyakan, program afiliasi memang cenderung lebih lambat dalam menunjukkan hasil. Akan tetapi, cara memasarkan produk secara online yang satu ini juga sudah terbukti ampuh.

Menjalankan Strategi Content Marketing

Beberapa contoh strategi content marketing yang pasti sudah sangat familiar bagi Anda misalnya blog, podcast, dan vlog. Dalam content marketing, konten yang dibuat tidak hanya bertujuan untuk menjual produk saja, tapi juga memberikan manfaat yang lebih luas. Misalnya untuk brand awareness, edukasi produk, dan sebagainya.

Content marketing ini merupakan strategi yang ampuh, terutama untuk optimasi search engine – Google, YouTube, Instagram, TikTok, dan sebagainya – dan mengarahkan konsumen langsung ke produk Anda. Jadi, jangan heran kalau konten yang dibuat oleh produk atau brand ternama sekalipun tidak melulu berisi konten jualan.

Itu dia beberapa rekomendasi cara memasarkan produk secara online yang bisa Anda coba. Tentu saja, strategi di atas perlu Anda sesuaikan pula dengan produk, segmen, dan industri Anda untuk menghasilkan strategi pemasaran yang paling pas dengan hasil yang paling optimal.

Artikel lain
×