Saat ini, banyak yang terjun dalam dunia bisnis digital, sayangnya masih ada beberapa pebisnis yang kurang paham dan masih awam seputar pemasaran digital, sehingga tidak sedikit di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk memasarkan produknya. Dengan begitu, penting untuk pahami beberapa tools digital marketing sebagai alat pembantu pemasaran produk secara digital.

7 Tools Digital Marketing untuk Pebisnis

  1. MailChimp

Platform pemasaran dalam bentuk email berbasis web ini diperlukan untuk memasarkan produk dengan hanya mengirimkan email secara langsung kepada banyak pelanggan dalam satu waktu. Dalam tools ini, terdapat beberapa keunggulan yakni, terdapat banyak pilihan pemasaran kampanye seperti, Google Remarketing Ads, Facebook Ads, Landing Page, Sign up, dan Postcard. Terintegrasi dengan berbagai apps dan tools, fitur pemesanan, mengirim tagihan, dan rekomendasi produk. Selain itu, MailChimp memiliki fitur kirim email otomatis kepada pelanggan.

  1. Trello

Alat pemasaran dalam bentuk dashboard, Trello sangat membantu untuk bisnis yang dilakukan dalam bentuk tim, karena pada Trello semua orang yang terlibat bisa melihat catatan mengenai apa saja yang akan dikerjakan, sedang dikerjakan dan yang sudah dikerjakan, sehingga lebih teratur terhadap target pemasaran yang ingin dicapai. Beberapa fitur pada Trello diantaranya, Boards, Cards, Lists,.

  1. Buffer

Alat pemasaran yang digunakan sebagai alat manajemen media sosial bisnis, mengatur jadwal pengunggahan konten di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest dan LinkedIn sesuai dengan keinginan. Selain itu, dalam platform ini terdapat pencarian hestek untuk kebutuhan pemasaran, dan keleluasaan dalam membuat copywriting.

  1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin SEO untuk kebutuhan WordPress dan artikel, Yoast SEO menjadi salah satu tools digital marketing yang banyak digunakan untuk memasarkan produk dalam bentuk tulisan panjang. Yoast SEO memudahkan para pengguna dan pelaku bisnis dalam membuat tulisan dengan penggunaan SEO dalam digital marketing, sehingga bisa menempati urutan teratas pada mesin pencari. Terdapat beberapa fitur yang dimiliki oleh Yoast SEO yakni, pengaturan index halaman, sitemap, deskripsi, meta title, dan webmaster.

  1. Canva

Alat untuk membantu pebisnis dalam mendesain foto produk secara mudah, cepat dan unik. Dalam platform edit foto ini, pengguna bisa membuat desain sendiri atau membuat desain berdasarkan template yang sudah disediakan. Banyak  template, gif dan stiker yang berhubungan dengan dunia bisnis, sehingga pengguna bisa membuat foto produk yang sangat unik dan profesional untuk kebutuhan bisnis. Selain itu, dalam Canva terdapat beberapa keunggulan seperti, font yang bergam, template marketing, ukuran foto yang bisa disesuaikan dengan mudah, fitur dan tools yang mudah untuk digunakan, serta kualitas foto yang dihasilkan sangat tinggi.

  1. Ahref

Ahref adalah alat yang digunakan untuk menunjukan SEO seperti kata kunci turunan dari sebuah kata kunci, Aref bisa digunakan untuk mencari SEO pada beberapa platform seperti, Google, YouTube, Bing dan Amazon, serta pencarian SEO yang bisa disesuaikan pada setiap negara. Fitur pada Ahref terdiri dari penjelajahan situs, penjelajahan konten, penjelajahan kata kunci, pelacak peringkat, dan audit situs.

  1. Unsplash

Platform foto berkualitas tinggi dari berbagai sumber dan berbagai fotografer yang bisa digunakan untuk komersial secara gratis tanpa copyright, sehingga cocok untuk penggunaan pemasaran digital. Terdapat banyak jenis foto yang bisa diunduh, seperti foto mengenai produk, bisnis, marketing dan yang lainnya.

Itulah beberapa tools digital marketing yang wajib dimiliki dan digunakan oleh para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya, sehingga produk bisa lebih mudah dikenal oleh para pelanggan dan mampu mencapai target yang sudah direncanakan.

Artikel lain
×