Buat kamu yang sedang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang universitas, kamu dapat mempertimbangkan kuliah jurusan ilmu komunikasi. Di masa ini pastinya kamu akan bergelut dalam dilema karena harus memutuskan langkah mana yang tepat untuk dijadikan pilihan.

Jika kamu masih diliputi dengan perasaan yang galau maka tidak akan rugi untuk mencari tahu lebih dalam tentang jurusan ilmu komunikasi ini yang bisa kamu mulai dari prodi yang dimiliki, pekerjaan jurusan ilmu komunikasi, hingga kelebihan yang dimilikinya.

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi ?

Kuliah jurusan ilmu komunikasi ini berfokus pada cara seseorang melakukan komunikasi dengan cara verbal maupun non-verbal. Selain itu juga pendalaman cara kita menyampaikan sebuah pesan supaya dapat diterima dan juga dipahami oleh yang menerima pesan.

Keseluruhan dalam teori yang terkandung dalam ilmu komunikasi nantinya akan dirangkum menjadi satu disiplin ilmu yang kemudian akan diterapkan dalam bermacam-macam bidang.

Jurusan ini pastinya akan sangat berfokus dalam memanfaatkan sebuah teknologi komunikasi supaya bisa dipakai secara maksimal, terutama untuk sekarang sangat dibutuhkan sekali strategi komunikasi yang melibatkan media masa.

Pada saat kamu mengambil jurusan ilmu komunikasi ini juga akan belajar tentang perkembangan teknologi, seperti internet, media masa, media sosial dan lain sebagainya. Fokus dalam ilmu komunikasi ini juga akan selalu mengalami sebuah perubahan yang disebabkan dari segi aspek pembelajarannya yang mana dalam sebuah komunikasi akan selalu berubah tanpa ada ujungnya.

Kelebihan Dari Jurusan Ilmu Komunikasi

Saat ini kuliah jurusan ilmu komunikasi menjadi tujuan para anak-anak muda jaman sekarang. Hal itu dapat dilihat dari cara pembelajaran yang memang mengangkat isu-isu yang sedang trending untuk saat ini, sehingga tidak jarang akan lebih terasa menyenangkan.

Namun, dalam pembelajarannya juga tidak sembarangan semua itu harus ada dasar dan landasan teorinya dan pastinya akan melibatkan berbagai terapan ilmu seperti Guy Deborad, seorang teoritis yang berasal dari negara Perancis.

Ketika masuk ke dalam masa praktikum, kamu juga akan merasa lebih menyenangkan di sana kamu akan belajar bagaimana cara memproduksi sebuah TV, tim kreatif, radio, media cetak, manajemen media dll.

Prospek Kerja

Ketika kamu melihat sebuah media sosial, pastinya akan melihat banyak sekali akun-akun perusahaan yang mana pastinya akan berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan feed yang lebih menarik.

Saat ini juga sudah banyak sekali industri kreatif yang didirikan. Berbagai bidang yang sedang naik daun tersebut merupakan sangat berkaitan erat dengan bidang ilmu komunikasi. Dalam prospek dalam bidang pekerjaan juga sangat luas, berikut ini pekerjaan yang membutuhkan lulusan ilmu komunikasi :

  • Social media analyst
  • Content creator
  • Presenter
  • Jurnalis
  • Konsultan
  • Penyiar radio
  • MC
  • Business development
  • Event Organizer

Bisa dikatakan jika dalam ilmu komunikasi ini begitu relatable pada bidang ilmu pengetahuan yang lainnya, seperti dalam bidang ilmu psikologi yang mana meneliti tentang sebuah pola dalam tingkah laku yang dipengaruhi proses psikolog yang berbeda pada setiap manusia.

Selain itu masih ada ilmu politik dan pemerintahan yang berkaitan dengan analisa kaitan jaringan korupsi misalnya ketika sebuah lembaga eksekutif melakukan komunikasi dengan lembaga legislatif dalam melakukan sebuah aksi yang merugikan.

Komunikasi juga merupakan elemen yang paling penting untuk menyusun kehidupan antara manusia. Kami juga lebih dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika kuliah jurusan ilmu komunikasi yang mana nantinya kamu akan lebih di asah dalam berbicara di depan umum.

Artikel lain
×