Jualan dengan metode kuno atau konvensional tidak banyak berlaku untuk era digital saat ini, mengapa?

Karena orang cenderung memakai ponsel android untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Jika ada sales datang sembari membawa barang dagangan ke rumah tetap masih berjalan tapi tidak seramai dahulu. Perlunya pemanfaatan teknologi digital sebagai penunjang bisnis membuat beberapa efek.

Inilah efek kecanggihan teknologi untuk perusahaan!

  1. Bisa terkoneksi dengan jarak terjauh

Perkembangan teknologi membuat produk perantara seperti telepon, sms, hingga aplikasi chat yang menghubungkan jarak terjauh menjadi lebih dekat. Anda tidak perlu datang ke tempat tujuan dengan mengeluarkan biaya transportasi untuk mempromosikan produk. Terlebih lagi dengan bantuan internet yang menjangkau website bisnis Anda bisa dikenal lebih luas ke berbagai negara tetangga.

  1. Muncul banyak peluang baru

Percaya atau tidak, dengan Anda menggunakan teknologi digital membuat peluang bisnis lebih banyak seperti membuka lowongan kerja khusus admin atau operator pengendali pemasaran, tambahan produk layanan dengan aplikasi (toko online). Selain itu, Anda bisa mendapatkan pemasukan limit mengalir jika setiap orang datang mengunjungi website Anda dan beberapa layanan sosmed.

  1. Menghemat biaya operasional

Dengan pemanfaatan teknologi digital, bahan baku yang Anda pesan tinggal terhubung pesanannya lewat percakapan singkat ponsel. Tidak seperti jaman dahulu, Anda harus datang ke pasar atau distributor guna melihat bahan bakunya. Kini, tinggal berikan sampel dari pabrik ke tempat Anda, jika setuju lakukan pembayaran dan tunggu barang sampai ke rumah. Lebih menghemat biaya operasional, bisa Anda gunakan untuk menambah jumlah karyawan atau bahan produksi.

  1. Akses pengawasan dan keamanan lebih ketat

Salah satu kecanggihan teknologi sekarang yakni CCTV yang merekam semua kegiatan. Terkontrol dalam sebuah layar yang dioperasikan oleh tenaga ahli di bidangnya. Jika ada kejahatan, kecurangan atau kebakaran dalam tempat kerja bisa segera terekam dan segera mengambil tindakan.

Sistem monitoring karyawan juga lebih efektif dan efisien, bisa memaksimalkan kualitas kerja setiap pekerjaan, menyeleksi SDM yang loyal dalam bekerja.

  1. Informasi lebih cepat

Penyampaian informasi lebih cepat karena dengan jaringan internet yang mengelola kecepatan lebih besar tanpa mengenal cuaca, waktu, dan siapapun. Anda akan tahu semua hal dalam hitungan detik saja, hal ini sangat bagus untuk membantu perusahaan mendapatkan berita terkini. Banyak informasi yang masuk semakin bagus menambah pengetahuan bisnis, kendala yang bakalan terjadi.

  1. Optimalisasi layanan

Dengan bantuan teknologi digital penunjang pemasaran bisnis akan membuat konsumen yang telah menjadi pelanggan tidak pindah ke tempat lain. Contohnya, Anda memiliki pelanggan tetap 5 tahun, ingin memberikan layanan spesial harga miring jika memakai kartu member dari perusahaan Anda. Maka, pelanggan tersebut merasa diuntungkan karena laba pelanggan semakin maksimal.

Selain itu, dengan adanya teknologi digital untuk optimalisasi penjualan bisa membentuk grup pebisnis kelas kecil, menengah atau besar. Dari sanalah Anda akan tahu calon konsumen yang bisa masuk menjadi daftar pelanggan Anda berikutnya.

Kendati kemajuan pemanfaatan teknologi digital memberikan segudang layanan praktis dan nyaman, Anda juga harus waspada dengan oknum menyimpang yang menggunakan kesempatan negatif. Ingat, internet memang menghubungkan Anda dengan banyak orang, tetapi Anda tidak tahu secara pasti karakter orang tersebut, profil hingga bentuk fisik orang.

Namun, ada metode untuk mengantisipasi kejahatan internet jadi tetap melangkah maju untuk melebatkan sayap bisnis Anda.

Artikel lain
×