Bagi kalangan masyarakat Indonesia, istilah entrepreneur tentu bukan merupakan hal yang asing untuk didengar dalam kehidupan sehari – hari, bukan? Hal ini lantaran entrepreneur yang belakangan populer sering dikenal sebagai seorang pebisnis / pengusaha / wirausaha yang umumnya membuka usaha di bidang tertentu dengan ide – ide kreatif yang diciptakan dalam menunjang kegiatan usahanya di pasaran. Di Indonesia sendiri, kini ada berbagai macam entrepreneur yang ditekuni orang – orang di bidang tertentu dan populer di kalangan masyarakat.

Apa saja ciri ciri entrepreneur dalam diri seseorang?

Pada umumnya, seorang entrepreneur merupakan seorang pengusaha yang melakukan kegiatan di bidang usaha tertentu untuk dijual kepada calon konsumen dengan menerapkan strategi usaha yang telah ditetapkan sebelumnya. Adapun ciri – ciri seorang entrepreneur dalam diri seseorang antara lain sebagai berikut :

  • Mampu menciptakan peluang bisnis usaha sesuai dengan ide – ide kreatif yang ada di dalam pemikirannya.
  • Mampu memberikan inovasi dalam mengembangkan bisnis tertentu dalam hal produk, strategi pemasaran, bahan dan lain – lain di dalamnya.
  • Berani mengambil resiko bahwa usaha yang dijalankan ke depannya sewaktu – waktu bisa saja mengalami kerugian atau kegagalan.
  • Memiliki manajemen umum yang baik dalam mengatur pengelolaan usaha yang dijalankan di pasaran.
  • Memiliki keberanian dan niat yang tinggi dalam menjalankan usaha di pasaran untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Berbagai contoh entrepreneur populer di kalangan masyarakat

Semakin banyaknya orang yang tertarik untuk membuka usaha di bidang tertentu, membuat dunia wirausaha kini semakin populer di kalangan masyarakat. Bahkan, kini ada berbagai contoh entrepreneur populer yang ditekuni sebagian besar orang untuk menciptakan usahanya di pasaran. Lantas, apa saja macam – macam entrepreneur yang populer di kalangan masyarakat?

  • Foodpreneur

Salah satu entrepreneur populer yang kini ditekuni orang – orang yakni foodprenuer. Ya, istilah ini merupakan seorang pengusaha yang membuka usaha di bidang makanan seperti membuka restoran atau kafe. Membuka usaha di bidang makanan ini terbilang cukup menjanjikan karena banyaknya kalangan yang menyukai dunia kuliner.

  • Ecopreneur

Umumnya, ecopreneur ini merupakan usaha yang dijalankan dengan tetap memperhatikan kepedulian akan kelestarian dan dampaknya bagi lingkungan sekitar. Sebagai contoh, seorang ecopreneur ini biasanya akan menciptakan produk – produk yang ramah lingkungan. Tentu saja, ini akan menjadi peluang usaha yang menarik untuk dicoba, bukan?

  • Seniman entrepreneur

Contoh entrepreneur selanjutnya yakni seniman entreprenuer yang biasanya sangat aktif dalam bidang menciptakan usaha kreativitas. Biasanya, orang yang melakukan usaha di bidang ini akan sangat menghargai berbagai masukan dari orang lain untuk membuat usahanya lebih maju ke depannya.

  • Technopreneur

Semakin majunya perkembangan zaman seperti sekarang ini, membuat wirausaha di bidang ini tak mau ketinggalan menghasilkan usaha dengan bantuan teknologi yang mendukung. Seperti misalnya dengan menciptakan usaha di bidang pembuatan website atau hal lain yang berhubungan erat dengan teknologi di dalamnya.

  • Analisis Entrepeneur

Dalam bidang ini, seorang pengusaha biasanya akan lebih mengutamakan pada pemecahan masalah yang terjadi di bisnis mereka dengan cara yang lebih terstruktur. Biasanya, bidang ini akan digeluti oleh orang – orang yang memang memiliki keahlian dalam bidang analisis di dalamnya.

  • Sociopreneur

Untuk jenis entrepeneur yang satu ini umumnya memiliki tujuan ganda dalam praktik menjalankan usahanya. Yakni selain untuk mendapatkan keuntungan, sociopreneur ini juga memiliki tujuan sosial yang umumnya bermanfaat bagi banyak orang di sekitarnya.

Artikel lain
×