Memakai sosmed atau media sosial sudah menjadi hal yang sangat umum untuk bersosialisasi. Ternyata Facebook yang merupakan salah satu produk sosmed paling populer kini menambahkan fitur baru berupa marketplace sebagai media untuk berbisnis di platform tersebut. Kini Anda bisa melakukan aktivitas perdagangan yang legal dan tidak melanggar standar komunitas di Facebook dengan memanfaatkan fitur ini. Berikut ini beberapa tips marketplace Facebook untuk tujuan komersial.

Mengenal Facebook Marketplace

Ketika pengguna platform Facebook memakai akunnya untuk berjualan maka mendaftar di marketplace akan memberikan peluang untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. Salah satu kelebihan marketplace Facebook adalah pengguna lama yang aktif tidak perlu lagi membangun reputasi ketika sudah dikenal di jejaring media sosial ini. Sedangkan pengguna baru bisa memanfaatkan beranda dan grup sebagai media untuk mencitrakan diri dan tentu saja untuk melakukan promosi produk.

Pendaftaran Facebook marketplace juga gratis dan fitur ini sudah melekat di platform sehingga pengguna tidak perlu mengunduh atau memasang aplikasi baru. Aktivitas jual beli yang terjadi di marketplace juga tidak dikenai tambahan biaya sehingga fitur ini bisa digunakan sebagai media promosi dan transaksi dengan leluasa.

Kategori Bisnis dalam Facebook Marketplace

Terdapat pembagian bisnis marketplace Facebook yang berfungsi untuk memudahkan pengguna mencari dan menemukan penawaran berdasar kategori produk yang dicari. Sedangkan pada sisi pelaku bisnis kategori ini bisa dimanfaatkan untuk membidik calon konsumen dengan lebih jitu. Pembagian kategori dalam Facebook Marketplace ini antara lain :

  • Hobi
  • Elektronik
  • Kendaraan
  • Pakaian dan aksesori
  • Rumah dan taman
  • Perumahan
  • Hiburan
  • Iklan baris

Berdasarkan kriteria kategori tersebut pelaku bisnis yang memiliki produk untuk dijual bisa lebih spesifik membidik calon konsumen dengan memilih kategori produk yang ditawarkan.

Beberapa Persiapan Memakai Facebook Marketplace

Aktif di sebuah marketplace akan menghasilkan beberapa konsekuensi. Hal ini penting karena komitmen pelayanan pada konsumen akan benar – benar teruji pada setiap iklan atau penawaran yang diunggah. Karena itu setidaknya ada 3 poin penting yang wajib diperhatikan sebagai tips marketplace Facebook untuk berbisnis.

  • Siap untuk melakukan komunikasi atau membalas pesan dari calon konsumen. Hal ini penting karena calon konsumen umumnya enggan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan respon dari seller.
  • Melakukan integrasi Facebook Marketplace juga bisa disinkronisasi dengan platform eCommerce lain. Hal ini bisa memudahkan pengguna untuk aktif di beberapa platform marketplace dengan satu simpul pengelolaan yang lebih praktis.
  • Sebuah transaksi di fitur Facebook Marketplace memiliki persyaratan tentang tenggat pengiriman. Hal ini juga harus diketahui oleh seller yang memanfaatkan marketplace agar tidak terkena masalah atau komplain. Setiap transaksi yang terjadi harus diikuti dengan pengiriman minimal 3 hari setelah transaksi terjadi dan produk harus diterima konsumen sebelum 7 hari.

Mengenal Standar Komunitas dan Larangan Produk di Facebook Marketplace

Terdapat aturan berupa standar komunitas yang mengatur tata krama dalam berkomunikasi serta mengelola unggahan di Facebook. Hal inilah yang menjadi dasar adanya larangan marketplace Facebook yang harus diketahui.

  • Produk yang boleh diperdagangkan hanya barang yang nyata atau ada secara fisik. Artinya penawaran berupa jasa tidak bisa diiklankan melalui marketplace.
  • Layanan tiket acara juga tidak boleh dilakukan melalui marketplace.
  • Pastikan untuk mengunggah foto yang sesuai dengan deskripsi dan judul penawaran. Jika ada salah satu dari ketiga elemen tersebut yang tidak sesuai maka akun pengguna bisa dikunci oleh Facebook.
  • Dilarang memperjual belikan hewan dan produk kesehatan di Facebook, aturan ini juga berlaku di marketplace.
  • Mengunggah gambar yang mendeskripsikan gambar sebelum dan sesudah menggunakan produk juga dilarang di Facebook.

Itulah beberapa tips marketplace Facebook untuk berbisnis. Memakai platform ini bisa memberi lebih banyak peluang menemukan konsumen baru dan menghasilkan keuntungan dari setiap transaksi yang terjadi.

Artikel lain
×