Frequently Asked Question

  1. Dimana letak UC Makassar?
    UC Makassar terletak di CitraLand City Losari, Kawasan Centre Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.
  1. Apa saja program jurusan yang tersedia?
    Terdapat 3 jurusan yaitu International Business Management dengan 4 spesialisasi pilihan, yaitu International Business Management (IBM), Communication Business Management (COM), Culinary Business Management (CBM), dan Digital Business Management (DBM); Visual Communication Design dengan 3 spesialisasi pilihan, yaitu Graphic Design (GD), Illustration (ILX), dan Photo/Videography (PVG); serta Informatika dengan 2 spesialisasi pilihan, yaitu Mobile Application Development (AD) dan Artificial Intelligence (AI).
  1. Apakah ada program kuliah untuk karyawan?
    Saat ini di UC Makassar hanya tersedia program untuk full-time student.
  1. Tawaran menarik untuk pendaftar awal?
    Untuk pendaftar di periode 2021/2022 akan mendapat diskon pelopor.
  1. Adakah batas waktu pendaftarannya?
    Penerimaan mahasiswa baru UC Makassar dibuka mulai Agustus 2021 sampai dengan Juli 2022.
  1. Bagaimana jika saya merupakan siswa/i homeschooling?
    Jika Anda sekolah di homeschooling maka SEBELUM mendaftar di UC Makassar harus sudah memiliki ijazah paket C. Kami tidak bisa menerima calon mahasiswa yang belum memiliki ijazah meski sudah mengikuti ujian nasional atau hanya memiliki keterangan ikut ujian nasional.
  1. Bagaimana jika saya adalah alumni SMA/SMK lulusan tahun sebelumnya?
    Jika Anda merupakan alumni SMA/SMK maka bisa mendaftar melalui jalur tes khusus, batas pendaftar maksimal adalah 6 tahun dihitung mundur dari dimulainya tahun perkuliahan.
  1. Saya sudah berkuliah di kampus lain dan ingin transfer ke UC Makassar, langkah apa yang harus saya lakukan untuk mendaftar?
    Proses transfer dilakukan dengan mengirimkan email ke admissioncsb@ciputra.ac.id silabus Anda serta transkrip nilai semester terakhir, dengan dijelaskan spesialisasi apa yang diminati di UC Makassar.
  1. Saya sudah menentukan program yang saya minati dan ingin mendaftar di UC Makassar, apa yang harus saya siapkan?
    Calon mahasiswa dapat mempersiapkan nilai rapor kelas XI kemudian membeli voucher pendaftaran melalui website pmb.uc.ac.id dan mengikuti tes seleksi masuk (Jadwal Tes).
  1. Berapa lama pengumuman hasil tes seleksi masuk UC Makassar akan saya terima setelah proses pendaftaran selesai?
    Jika Anda telah mendaftar serta mengikuti tes seleksi masuk, maka hasil pengumuman akan Anda terima melalui email Anda serta email orang tua Anda yang telah didaftarkan dalam kurun waktu 3 hari setelah tes dilaksanakan.
  1. Bagaimana jika saya belum lolos tes seleksi masuk?
    Jika Anda belum lolos dalam tes seleksi masuk pertama, Anda memiliki 1 (satu) kesempatan lagi untuk mendaftar di UC Makassar. Dalam 1 tahun ajaran Anda memiliki 2 kali kesempatan mendaftar.
  1. Bagaimana jika saya ingin memperbarui data atau merubah data yang telah saya submit dalam pendaftaran?
    Jika terdapat kesalahan ketik atau perubahan data dalam aplikasi pendaftaran Anda, maka Anda bisa mengirimkan email ke admissioncsb@ciputra.ac.id dengan subyek “Update Data Pendaftaran (spasi) nama lengkap Anda”.
  1. Bagaimana jika saya ingin mengirimkan softfile dokumen atau berkas yang diminta?
    Seluruh berkas dokumen yang diminta harus dikirimkan melalui email admissioncsb@ciputra.ac.id.
  1. Apakah ada tes seleksi masuk yang harus diikuti oleh calon mahasiswa yang mendaftar di UC Makassar?
    Seluruh jalur penerimaan mahasiswa baru di UC Makassar harus melalui seleksi tes masuk sesuai program yang dipilih.
  1. Apakah ada batas kuota untuk setiap program yang tersedia?
    Setiap program memiliki batas maksimal jumlah penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya, disarankan Anda mendaftar lebih awal. Minimal kuota untuk masing-masing spesialisasi adalah 30 mahasiswa.
  1. Apakah tersedia beasiswa bagi calon mahasiswa UC Makassar?
    UC Makassar memiliki banyak penawaran beasiswa yang dapat Anda pilih dan cek ketentuannya di sini dan beasiswa yang tersedia bisa sampai 100% full free biaya kuliah.
  1. Apakah UC Makassar menyediakan asrama mahasiswa?
    Tidak ada asrama untuk mahasiswa di UC Makassar, namun banyak sekali tempat akomodasi yang terletak di sekitar kampus UC Makassar. Silakan cek Info Akomodasi untuk info lengkap area tempat tinggal yang dekat kampus.
  1. Berapa lama masa perkuliahan untuk mendapat gelar sarjana di UC Makassar?
    Jangka waktu menyelesaikan masa pendidikan sarjana adalah 4 tahun kuliah dan tuntas 144 SKS.
  1. Apakah ada pengembalian dana jika calon mahasiswa memutuskan tidak melanjutkan pendaftaran di UC Makassar dikarenakan diterima di kampus lain?
    Calon mahasiswa yang telah diterima masuk UC Makassar dan membatalkan diri sebelum perkuliahan dimulai dapat menerima pengembalian biaya yang telah dibayarkan dengan besaran sesuai ketentuan yang telah diatur oleh UC Makassar, cek ketentuan batal di sini.
  1. Apabila calon mahasiswa memutuskan untuk ganti spesialisasi, langkah apa yang harus dilakukan?
    Jika calon mahasiswa berubah pikiran dan ingin mengganti pilihan spesialisasinya ke pilihan kedua, maka harus mengisi lengkap form pindah program dan di emailkan ke admissioncsb@ciputra.ac.id. Syarat dan ketentuan pindah program diatur di sini.
  1. Bisakah saya mendapatkan detil ilustrasi rincian biaya kuliah di UC Makassar?
    Rincian biaya perkuliahan untuk seluruh program yang ada di UC Makassar dapat dilihat di sini atau Anda dapat menghubungi Call Center kami di nomor 08112 500 228 untuk dapatkan informasinya.
  1. Apakah mengajukan bantuan uang kuliah dapat mempengaruhi hasil pendaftaran saya?
    Tidak sama sekali. Pengajuan keringanan biaya tidak mempengaruhi hasil penerimaan pendaftaran dikarenakan semua tetap melalui tes seleksi masuk.
  1. Dapatkah saya mengajukan angsuran pembayaran biaya kuliah?
    Calon mahasiswa dapat mengajukan angsuran sesuai ketentuan yang berlaku di UC Makassar, silakan kontak ke Student Counselor kami untuk dibantu melakukan pengajuan.
  1. Bagaimana jika saya ingin melakukan pembayaran untuk masuk menjadi calon mahasiswa UC Makassar?
    Setelah Anda menerima pengumuman hasil pendaftaran maka Anda akan mendapatkan email berupa rincian biaya kuliah serta nomor rekening pembayaran. Lakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo.
  1. Apakah UC Makassar menyediakan jaminan kerja bagi setiap alumni lulusannya?
    UC Makassar menyediakan informasi seluas-luasnya bagi para alumni yang dishare melalui email alumni maupun media sosial kampus mengenai lowongan kerja di perusahaan-perusahaan besar kerjasama UC Makassar.
  1. Apakah UC Makassar memiliki jaringan kerjasama dengan perusahaan maupun pelaku industri?
    UC Makassar mengutamakan kerjasama perusahaan besar serta para pelaku industri di dalam maupun luar negeri, lihat list kerjasama kami disini.
×