Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika memang memiliki toleransi yang tinggi, khususnya dalam beragama. Sehingga, ada banyak agama di Indonesia, salah satunya Islam yang cukup banyak penganutnya.

Untuk itulah, peluang bisnis yang dapat dilakoni oleh umat muslim pun semakin besar peluangnya. Peluang tersebut merupakan bisnis berbasis Syariah. Buat kamu yang masih bingung, bisnis Syariah itu apa, sederhananya merupakan kegiatan bisnis yang mengikuti aturan yang ada dalam Al Quran atau pun Hadist.

Lalu, bisnis seperti apa yang bisa disebut sebagai bisnis Syariah? Berikut ini ada beberapa contoh yang bisa kamu jadikan sebagai ide bisnis. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini.

Bisnis Syariah Menjual Makanan Halal

Tentu saja salah satu hukum dalam agama Islam yaitu wajib memakan makanan yang halal. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan menjual produk makanan halal.

Walaupun kamu memang menggunakan bahan-bahan yang halal tapi untuk lebih meyakinkan, sebaiknya ambil lah sertifikasi halal dari MUI atau Majelis Ulama Indonesia. Sehingga, jika usahamu semakin berkembang, dapat dijual hingga ke luar negeri, lho.

Membuka Usaha Pakaian Muslim

Salah satu contoh bisnis Syariah lainnya yang bisa kamu jadikan ide berjualan yaitu pakaian muslim. Biasanya dalam berpakaian, umat muslim diwajibkan untuk menutup auratnya.

Makanya, kamu bisa memanfaatkannya dengan berjualan baju muslim yang tetap fashionable. Mulai dari baju gamis, baju koko, sarung, hingga jilbab dan aksesorisnya. Untuk jualan baju, kamu tidak perlu mempersiapkan izin dari MUI selama baju yang dijual memang memenuhi standar pakaian muslim pada umumnya.

Membuka Toko Online Khusus Muslim

Bisnis Syariah di Indonesia yang bisa kamu lakoni selanjutnya yaitu berjualan online. Hal ini tentu saja lebih menghemat modal karena kamu tidak perlu memiliki store. Kamu bisa menyediakan berbagai keperluan muslim seperti buku-buku agama, pernak-pernik, pakaian, hingga makanan yang halal.

Tentunya di masa pandemi seperti ini akan lebih memudahkanmu untuk berjualan online. Kamu tetap bisa berjualan dari rumah dan cukup melakukan promosi melalui media sosial aja.

Membuka Salon Khusus Perempuan Muslimah

Pada umumnya, salon pasti memiliki pekerja pria dan wanita, begitu pun tamunya. Namun, untuk perempuan muslim yang berjilbab tentu saja hal itu tidak nyaman karena mereka harus menutup aurat.

Makanya, bisnis Syariah di Indonesia yang satu ini memang sangat jarang. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadikannya peluang usaha. Pastinya banyak perempuan muslim yang membutuhkan salon seperti ini.

Itulah beberapa contoh peluang usaha yang bisa kamu lakukan dengan cara muslim. Menjalani bisnis Syariah memang cukup menarik mengingat jumlah umat muslim di Indonesia cukup tinggi sehingga, kamu berkesempatan usaha sambil menambah amal ibadah.

Tapi sebelum memulai bisnis Syariah di Indonesia, kamu wajib mengetahui beberapa aturan utama dalam membuka usaha ini. Seperti berikut ini:

  • Harus menjual produk-produk halal
  • Jangan menggunakan unsur riba di dalam bisnis
  • Tidak ada penipuan (gharar)
  • Hindari aktivitas seperti perjudian di dalam bisnis
  • Dalam transaksi, antara penjual dan pembeli harus melakukan ijab qabul
  • Melakukan transaksi dengan cara yang adil

Peluang bisnis Syariah memang cukup spesifik karena menargetkan umat muslim saja. Namun, peluangnya sangat besar mengingat masyarakat Indonesia yang didominasi oleh umat muslim. Selain itu, pelaku usaha yang fokus berjualan secara Syariah memang masih belum banyak. Di sini lah kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada.

Artikel lain
×