5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Saat Jadi Mahasiswa Baru!

Menjadi mahasiswa baru adalah momen yang paling ditunggu oleh para pelajar. Setelah mengikuti masa orientasi mahasiswa, kalian akan resmi menjadi bagian dari kampus impian kalian. Banyak perbedaan yang akan ditemui ketika menjadi mahasiswa. Agar masa kuliah lebih maksimal, coba ikuti 5 tips ini agar tidak menyesal di kemudian hari!

  1. Cari Teman Sebanyak-banyaknya!

Mencari teman baru saat menjadi maba itu sangat penting, apalagi saat itu kalian baru masuk di dunia perkuliahan dan belum mengenal siapa-siapa. Ini adalah waktu yang tepat bagi mahasiswa untuk mencari teman sebanyak-banyaknya dan membangun relasi. Tidak hanya teman dari satu prodi saja, tetapi kalian juga bisa berteman dari prodi dan fakultas yang berbeda. Mencari teman pada saat menjadi mahasiswa baru banyak manfaatnya. Di sekolah maupun di dunia perkuliahan, kalian tidak bisa hidup sendiri. Dengan banyak teman, kalian bisa sharing-sharing informasi seputar kuliah dan bisa meminta bantuan ketika kesulitan melakukan sesuatu.

  1. Mulai Cari Beasiswa

Meskipun baru saja menjadi mahasiswa, bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkan beasiswa. Banyak beasiswa yang membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru. Mulai persiapkan diri dan mencari informasi untuk mendapatkan beasiswa. Banyak manfaat yang akan kalian dapatkan ketika mendaftar beasiswa, seperti mendapatkan potongan biaya kuliah, pelatihan softskill, atau program lain yang diadakan pihak penyelenggara beasiswa. Walaupun belum berhasil jangan putus asa, masih banyak beasiswa lain yang menantimu!

  1. Belajar Bahasa Inggris

Tak perlu ditanyakan lagi, bahasa Inggris nyatanya menjadi bahasa yang populer dan paling banyak digunakan, baik dalam lingkup formal maupun informal. Di universitas, bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan. Ada beberapa universitas yang mensyaratkan minimum skor bahasa Inggris sebagai syarat kelulusan. Tes bahasa Inggris ini biasanya dilakukan ketika kalian menjadi mahasiswa baru atau dilaksanakan pada awal kalian masuk kuliah. Tidak hanya itu, saat kuliah buku-buku yang digunakan sebagian besar adalah buku berbahasa Inggris. Bahkan, saat ujian soal-soalnya memakai bahasa Inggris.

  1. Cari Tahu Organisasi Kampus

Adakah dari kalian yang hanya ingin menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang)? Hmm… padahal organisasi kampus banyak sekali lho! Coba cari tau, apa saja organisasi yang ada di kampus kalian. Cari organisasi yang sesuai minat dan bisa upgrade skill yang kalian miliki. Nyatanya, mengikuti organisasi kampus juga memberikan manfaat yang besar. Dengan mengikuti organisasi, kalian akan belajar untuk memanajemen waktu dan bisa menambah pengalaman dan relasi. Pengalaman yang kalian dapatkan di organisasi kampus, bisa kalian jadikan bekal untuk melamar pekerjaan di masa depan.

  1. Mulai Buat LinkedIn

LinkedIn merupakan situs web jaringan sosial yang berorientasi pada bisnis dan jaringan profesional. Kalian dapat menggunakan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan, magang, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keterampilan yang kalian butuhkan untuk sukses dalam karir kalian kedepannya. Saat ini, banyak HR yang merekrut karyawan dari situs web ini. Buat kalian mahasiswa baru yang sudah punya planning untuk magang, kalian harus mempersiapkan CV kalian sebaik mungkin, salah satunya adalah menggunakan LinkedIn.

Nah itu beberapa tips yang penting sekali untuk kalian persiapkan saat menjadi mahasiswa baru, karena saat menjadi maba, waktu kalian untuk belajar masih banyak sekali. Use your time to improve your self. Semangat dan selamat menjadi anak kuliah!

Artikel lain
×