Dunia digital makin hari semakin berkembang lebih maju dan canggih lagi. Tentu dengan kemajuan tersebut memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi tiap manusia terutama dalam dunia bisnis.

Bisnis digital di masa kini mulai diterapkan oleh banyak orang berkat adanya kemudahan dalam mengakses internet. Apapun bisnis yang dijalani pasti tak lepas dari bantuan teknologi untuk mendongkrak pemasaran.

Mempelajari bisnis IT sudah menjadi suatu kewajiban di era industri 4.0 ini.

Kelebihan Bisnis IT

Tiap bisnis mempunyai kelebihan yang menarik untuk dicoba, seperti halnya bisnis IT berikut.

  1. Dibutuhkan Banyak Orang

Manusia di masa sekarang sangat mengandalkan kehadiran teknologi karna sudah jelas akan meringankan pekerjaan kita. Bisnis IT yang banyak dibutuhkan contohnya seperti digital marketing, penulisan SEO, jasa developer aplikasi, desain grafis yang dapat Anda coba.

  1. Muncul Peluang Bisnis Terbaru

Cakupan dalam dunia bisnis teknologi akan selalu diperbaharui tiap tahunnya seiring dengan berkembangnya pula teknologi tersebut. Kelebihan dalam bisnis teknologi ini adalah munculnya peluang bisnis yang sebelumnya tidak pernah ada.

  1. Keuntungan Besar

Anda sudah dapat meraup keuntungan besar meski dari satu proyek saja, sebab tingkat kesulitan dalam berbisnis bidang digital ini terbilang tinggi dan tidak semua orang mempunyai keahlian pada bidang tersebut.

Bisnis digital adalah ilmu dan profesi yang terbilang mahal.

Fungsi Teknologi Pada Perusahaan

  • Mengikuti Perkembangan Jaman

Hampir seluruh sektor dalam bisnis sekarang serba menggunakan teknologi. Perusahaan mulai menerapkan penggunaan teknologi agar tidak ketinggalan jaman.

Teknologi juga memberikan banyak keuntungan pada perusahaan.

  • Memudahkan Manajemen

Manajemen yang terstruktur baik akan memudahkan segalanya. Anda bisa menggunakan teknologi ERP (Enterprise Resource Planning) untuk melakukan manajerial yang lebih mudah, terstruktur, dan akurat.

  • Menghemat Biaya

Dengan kehadiran teknologi, perusahaan dapat memangkas biaya pengeluaran karena cukup mengandalkan teknologi yang mana perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya perbaikan atau perawatan.

  • Lebih Efisien Terhadap Waktu

Menggunakan tenaga manual lebih membutuhkan banyak waktu karena biasanya dalam satu divisi hanya terdapat beberapa orang saja. Dengan menerapkan teknologi dalam sebuah perusahaan tentu akan lebih mengefisienkan waktu.

  • Komunikasi Lebih Baik

Dalam sebuah perusahaan tentu komunikasi tim adalah kunci utamanya. Komunikasi yang baik adalah dimana komunikator dan komunikan dapat menerima dan mencerna pesan secara cepat serta saling memberikan feedback.

Teknologi dapat membuat komunikasi dalam perusahaan berjalan lebih baik lagi.

Kemajuan Bisnis di Bidang Games

Hampir semua orang suka bermain games di kala senggang atau menjadikannya sebagai hobi yang dapat menghasilkan uang. Kemajuan bisnis di bidang games juga sekarang berkembang dengan pesat seiring mulai munculnya e-Sports dan profesi gamer.

Bisnis yang berjalan di bidang games diantaranya:

  1. Developer Aplikasi Game

Jenis profesi yang sangat menjanjikan di masa sekarang. Pembuatan dan pengembangan aplikasi game ini membutuhkan tenaga ahli kompeten dan banyak dibutuhkan saat ini.

Bisnis yang satu ini juga termasuk ke dalam bisnis dengan penghasilan terbesar.

  1. Live Streaming

Anda dapat bermain game sambil melakukan siaran langsung yang ditonton jutaan orang. Live streaming saat main game juga masuk dalam kategori bisnis karena Anda bisa meraup banyak pendapatan dalam sekali bermain.

  1. Youtuber Game

Sudah jadi fenomena yang tak asing belakangan ini dengan membagikan aktivitas saat bermain game, tutorial dan rekomendasi game bisa mendapatkan uang bagi Anda bahkan hingga ada tim manajemen khusus untuk gamer sendiri.

Itulah beberapa keuntungan, fungsi teknologi di era bisnis digital yang saat ini sangat diperlukan. Apakah Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis ini?

Artikel lain
×