Anda pasti sudah pernah mendengar tentang brand image bukan? Brand image adalah hal yang amat penting untuk sebuah merek. Brand image adalah citra atau gambaran brand tersebut di mata masyarakat atau konsumennya. Brand image sangatlah berpengaruh pada penjualan produk atau jasa tersebut, brand image yang baik menimbulkan kemudahan dalam menjual produk, begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu penting bagi Anda sebagai pengusaha untuk bisa menjaga agar brand image produk Anda tersebut selalu baik di mata konsumen dan masyarakat luas. Ketika muncul brand image yang negatif maka akan sulit bagi Anda untuk memperbaikinya, butuh beberapa usaha hingga brand image bisa  kembali membaik.

Lebih detailnya lagi apa saja fungsi brand image yang perlu Anda ketahui? Berikut ini beberapa diantaranya :

Membedakan Produk Dengan Pesaing Lain

Salah satu fungsi brand image produk yang paling penting adalah untuk membedakan produk Anda dengan produk yang lainnya. Tentunya untuk jenis produk yang sama akan ada banyak brand berbeda. Nah adanya brand image ini akan membantu masyarakat untuk membedakan kelebihan dan kekurangan antara satu brand dengan brand yang lainnya.

Contohnya saja ada dua brand permen dengan rasa yang sama namun image yang berbeda, brand permen A lebih mengedepankan rasa permen yang dibuat dari buah alami, brand permen B lebih mengedepankan imagenya sebagai permen yang bisa memberikan nafas yang wangi. Dengan kedua image yang berbeda, maka masing-masing konsumen bisa memilih permen yang berbeda meskipun rasanya sama.

Brand Image Memperkuat Kepercayaan Konsumen

Fungsi brand image yang selanjutnya adalah dengan adanya brand image maka akan semakin memperkuat kepercayaan konsumen pada produk Anda sehingga tidak akan beralih pada produk atau jasa yang lain. Ketika seorang konsumen sudah percaya dengan produk atau jasa Anda maka konsumen cenderung tidak akan berganti produk dan akan terus menggunakan produk Anda.

Untuk mendapatkan kepercayaan seperti ini pun bukanlah hal yang mudah. Brand imagenya harus Anda bangun dengan sebaik mungkin dan harus Anda jaga agar tidak berubah di mata konsumen Anda.

Memperluas Jaringan Pemasaran

Mempertahankan brand image yang baik bukanlah  hal yang mudah, namun jika Anda bisa mempertahankannya, hal tersebut bisa memunculkan satu fungsi brand image yang lainnya yaitu dapat memperluas jaringan pemasaran produk Anda tersebut. Ketika produk Anda memiliki brand image yang baik maka otomatis akan banyak pelanggan yang secara sukarela ikut merekomendasikan produk Anda kepada kerabatnya. Hal ini mutlak dilakukan, karena Anda sendiri pun pasti pernah merekomendasikan satu produk yang Anda nilai baik kepada kerabat Anda. Dengan demikian semakin mudah bagi Anda untuk memasarkan produk tersebut.

Memberi Kemungkinan Kenaikan Harga

Tentunya pada saat Anda berbisnis, Anda akan berorientasi pada keuntungan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Ketika produk Anda sudah memiliki brand image yang baik di mata konsumen, maka dengan demikian akan semakin mudah bagi Anda ke depannya untuk menaikkan harga. Karena pastinya berapa pun harga yang diberikan, konsumen pasti akan tetap mau membelinya karena sudah cocok dan percaya. Suatu saat pasti harga bahan produk Anda akan naik, di saat itu Anda tidak akan ragu untuk menaikkan harga karena sudah tahu konsumen Anda akan selalu setia pada produk Anda. Fungsi brand image produk yang baik memang memberikan banyak keuntungan.

Artikel lain
×