Bisnis franchise merupakan sebuah bisnis yang dilakukan dengan meminjam merek, nama, sistem, cara-cara, dan prosedur yang sudah ditetapkan. Ketika anda terjun ke bisnis franchise, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan secara matang supaya anda bisa memperoleh keuntungan yang besar. Untuk lebih jelasnya, berikut bagaimana memilih bisnis franchise secara tepat.

Bisnis Franchise yang Legal dan Mempunyai Merek Dagang

Tentunya anda harus bisa memilih bisnis franchise atau waralaba yang legal. Pastikan jika bisnis yang di pilih mempunyai izin usaha yang bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai anda memilih bisnis yang memiliki izin tidak jelas, yang pada akhirnya gulung tikar atau bangkrut karena tersangkut masalah hukum.

Yang jelas memastikan bisnisnya legal merupakan salah satu poin yang sangat penting supaya bisnis yang akan anda jalani bisa berjalan lancar. Memastikan jika bisnis franchise yang di pilih mempunyai merek dagang, yang mana identitas atau namanya harus jelas juga penting lho. Pastinya anda tidak ingin kan menjual produk yang ternyata tidak ada identitas yang jelas?

Bisnis Franchise yang Telah Teruji

Bisnis yang telah teruji maupun sudah dikenal oleh banyak orang pastinya akan mempermudah masyarakat untuk membeli produk tersebut. Karena citra produk di dalam berbisnis cukup penting agar dapat menarik minat konsumen. Ada baiknya jika anda bisa memilih bisnis franchise yang telah teruji walaupun harganya sedikit tinggi, jika dibandingkan dengan memilih bisnis yang belum teruji.

Walaupun bisnis yang belum teruji menawarkan harga yang cukup terjangkau, tetapi nantinya dapat mengganggu perkembangan bisnis yang anda jalani. Bukannya anda akan mendapatkan keuntungan yang besar, namun bisa saja anda mendapatkan kerugian.

Memperhatikan Risiko Bisnis

Sudah pasti bahwa setiap bisnis akan memiliki risiko, dengan begitu anda perlu memperhatikan risiko yang bisa saja anda alami ketika memilih bisnis franchise, baik bisnis kecil maupun besar. Sangan disarankan untuk menimbang resiko bisnis franchise yang ditawarkan. Memilih bisnis franchise dengan resoko kecil bisa meminimalkan terjadinya kegagalan.

Selain itu, anda juga perlu melihat seperti apa tingkat pertumbuhan maupun kegagalan bisnis yang di pilih di daerah lain. Ketika tingkat kegagalan yang dialami bisa mencapai 20% bahkan lebih, maka sebaiknya anda bisa waspada.

Cari Informasi secara Lengkap serta Kenali Franchisor

Ketika anda mengetahui beberapa informasi mengenai bisnis waralaba tersebut, tentunya hal ini dapat membantu anda dalam menentukan apakah bisnis tersebut baik atau tidak. Yang pasti mengenali franchisor ketika memulai bisnis dapat membantu anda dalam memberi masukan ketika bisnis franchise dikembangkan.

Nah, ketika anda telah mengenal franchisor, maka sebaiknya pelajari pula laporan keuangannya. Tentu saja franchisor yang pofesional dan baik akan menyertakan perkembangan bisnis dan laporan keuangannya dengan baik dan benar.

Tentunya laporan keuangan tersebut bisa memperlihatkan tingkat kesehatan dari bisnis tersebut. Hindarilah untuk memilih bisnis franchise yang ternyata tidak memperlihatkan laporan keuangannya, karena bisa saja bisnis yang mereka miliki mengalami permasalahan tertentu.

Hindari Bisnis Franchise yang Membutuhkan Banyak Karyawan

Untuk anda yang mempunyai modal terbatas, tentunya memilih bisnis yang memerlukan banyak karyawan perlu dipertimbangkan dengan baik. Banyaknya karyawan yang diperlukan ntuk menjalankan bisnis franchise akan linear dengan besarnya biaya untuk menggaji mereka. Nah, untuk anda yang masih pemula, sebaiknya anda bisa memilih bisnis franchise

yang tidak membutuhkan banyak karyawan. Semoga bermanfaat!.

Artikel lain
×