Sesuai dengan namanya, ilmu komunikasi atau ilkom memang mempelajari atau berfokus pada proses penyampaian pesan yang efektif, agar langsung sampai pada sasaran. Ilmu komunikasi yang dipelajari juga terdapat bermacam tingkatan, baik antar individu ataupun media. Lalu, apakah pekerjaan ilmu komunikasi cukup berat?

Sederhananya, setiap pekerjaan memiliki risiko, suka, dan tidak sukanya tergantung dari orang yang menjalaninya. Mengingat, pekerjaan dalam bidang komunikasi artinya dituntut harus bisa membangun relasi dengan mitra kerja. Bahkan, tiap perusahaan pasti membutuhkan koneksi yang luas, guna meningkatkan bisnis tersebut. Maka dari itu, lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang kerja yang besar.

Rekomendasi Pekerjaan Lulusan Ilmu Komunikasi

Mencari pekerjaan memang tidaklah mudah. Dengan melihat peluang yang ada, pasti tidaklah sulit. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan bidang ilmu komunikasi atau ingin mendaftar pada jurusan tersebut. Simak pekerjaan jurusan komunikasi di bawah ini agar tidak ragu lagi.

  1. Jurnalis

Lulusan dengan gelar ilmu komunikasi bisa terjun dalam dunia jurnalistik. Menarik kan? Selain keterampilan dalam menulis di media massa, pekerjaan ini membutuhkan orang yang handal dalam berkomunikasi dengan narasumbernya. Jika, tidak memiliki kemampuan tersebut. Tentu, hal-hal yang dituangkan dalam berita menjadi tidak bermanfaat. Jangan ragu untuk mencoba profesi ini, karena Anda sudah memiliki bekal komunikasi yang baik.

  1. Public Relation (PR)

Pekerjaan ilmu komunikasi lainnya adalah PR. Seorang PR harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk meningkatkan dan menjaga reputasi perusahaannya, membangun relasi dengan mitra kerja, hingga kemampuan dalam berpikir kreatif. Selain itu, pekerjaan ini harus bisa menyampaikan sesuatu secara efektif dan persuasif. Hal ini telah didapatkan dalam jurusan ilmu komunikasi.

  1. Presenter

Selain jurnalis, lulusan ilkom juga bisa menjadi presenter. Bahkan, sampai sekarang profesi bidang ini semakin diminati oleh jobseeker. Dengan illmu yang sudah didapatkan, Anda memiliki kemampuan yang unggul. Secara umum, tugas presentet adalah menyampaikan informasi kepada publik mengenai berita dengan netral.

  1. Event Organizer (EO)

Jika Anda belum beminat tergabung atau bekerja pada suatu intansi. Mungkin, membangun bisnis sendiri, seperti EO bisa menjadi solusinya. Pasalnya, seorang EO harus memiliki kemampuan berpikir cepat, menjangkau relasi dengan vendor, rekan kerja, dan berkomunikasi yang baik dengan klien maupun para tamu nantinya. Menariknya, event organizer dapat menjadi bisnis di bidang ilmu komunikasi.

  1. Periklanan

Pekerjaan ilmu komunikasi selanjutnya adalah berprofesi dalam bidang periklanan. Mengapa? Karena kemampuan komunikasi dalam merancang konsep dan ide harus disampaikan dengan baik. Dunia periklanan juga memiliki banyak macam profesi yang dapat dipilih sesuai minat di antaranya, copy writer, media planner, project leader advertising, dan masih banyak lagi.

  1. Penyiar Radio

Jika Anda termasuk orang yang suka berbicara di depan umum atau di balik layar. Nah, profesi penyiar radio bisa menjadi solusinya. Umumnya, tugas penyiar radio hampir sama seperti presenter, yaitu menyampaikan berita. Namun, dibalut dengan cara yang menarik dan cara penyampaian yang jelas agar pendengar menangkap informasi yang disampaikan.

  1. Marketing

Profesi marketing juga bisa menjadi pekerjaan jurusan ilmu komunikasi. Dalam profesi marketing communication, Anda dituntut untuk merancang strategi pemasaran yang menarik dan efektif bagi sebuah perusahaan. Mengingat peran pemasaran itu sangat penting untuk setiap perusahaan maupun pelaku bisnis. Dengan penyampaian komunikasi yang jelas dan unik. Tentu saja bisnis akan berjalan dengan lancar. Bagaimana, pekerjaan ilmu komunikasi ini sangat sesuai dengan yang sudah dipelajari bukan?

Artikel lain
×