Di tengah persaingan pekerjaan yang semakin sulit, banyak orang yang memilih untuk menekuni usaha. Hal ini menjadi kabar bagus karena dapat mengurangi angka pengangguran dan dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Jika Anda ingin menekuni dunia wirausaha maka Anda harus membaca artikel ini untuk mengetahui karakter wirausaha apa saja yang harus Anda miliki.

  1. Jujur

Dalam berbisnis atau entrepreneurship, sikap paling utama adalah jujur, karena dengan kejujuran maka Anda akan mendapatkan kepercayaan banyak orang. Misalnya kepercayaan konsumen maupun client terhadap Anda. Untuk sukses Anda harus menjadi orang jujur, sehingga karyawan Andapun akan bersikap jujur terhadap Anda.

  1. Kreatif

Kreatif merupakan hal yang tidak kalah penting dalam wirausaha. Dengan kreativitas, maka Anda akan mudah melakukan inovasi terhadap bisnis Anda. Anda juga bisa membuat produk yang unik ataupun promosi unik, agar bisnis Anda semakin disukai oleh konsumen ataupun klien. Dengan sikap kreatif juga, Anda dapat melakukan terobosan untuk terus mengembangkan bisnis Anda.

  1. Keterampilan personal

Dalam bisnis Anda juga harus memiliki keterampilan personal. Misalnya keterampilan komunikasi, kerja sama, kemampuan bernegosiasi dan menawarkan. Karakter wirausaha lagi yaitu pandai dalam mencari peluang dan dalam kepemimpinan juga tidak kalah penting.

  1. Mandiri

Seorang pebisnis harus bisa mandiri, tidak bergantung dengan orang lain dan tidak bersikap manja. Anda harus bisa berpikir realistis dan bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Dengan sikap inilah kendali bisnis Anda di tangan Anda sendiri. Bisnis Anda akan berkembang atau terpuruk bergantung dari sikap dan karakter Anda sebagai pemimpin bisnis.

  1. Realistis

Anda harus bisa membaca situasi dan kondisi, memahami apa yang terjadi di pasar bisnis Anda secara tepat dan cepat. Dalam mengambil keputusan apapun Anda harus bersikap dewasa dan bijaksana, serta menimbang baik dan buruknya sebuah keputusan yang Anda ambil.

  1. Komitmen tinggi

Anda harus berkomitmen tinggi dalam menjalankan bisnis yang Anda pilih. Loyalitas dan pengabdian Anda terhadap suatu bisnis adalah hal yang utama. Anda harus berkomitmen untuk menekuninya sampai Anda sukses.

  1. Percaya Diri

Anda harus percaya pada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa. Anda bisa untuk meraih sukses dengan bisnis dan usaha yang Anda tekuni saat ini. Hal ini akan membuat Anda selalu bersikap positif dan berpikiran positif dalam keadaan apapun.

  1. Pantang menyerah

Di dalam bisnis pasti ada suka dan duka. Pasti ada halangan dan rintangan yang harus Anda hadapi. Anda tidak boleh berputus asa dan menyerah. Setiap jalan yang Anda lalui, bahkan sampai terpuruk sekalipun. Anda harus selalu bangkit untuk berdiri.

  1. Berani mengambil resiko

Sebagai pengusaha harus berani mengambil segala resiko. Karena pengusaha itu memiliki dua resiko, yaitu untung dan rugi. Jika Anda memilih menjadi pengusaha maka jangan hanya memedulikan untungnya saja tapi juga resiko rugi di dalamnya. Namun jika untung bisa untung sekali.

  1. Optimis

Pengusaha harus memiliki karakter wirausaha optimis, dan selalu berpikiran positif. Jika berpikiran negatif maka hanya akan menjadikan diri stress dan bisnis menjadi ikut berakibat. Untuk itu pengusaha harus optimis selalu.

  1. Profesional

Jika Anda memiliki bisnis, Anda harus profesional di dalamnya. Anda tidak boleh seenaknya terhadap bisnis Anda sendiri. Anda tidak boleh asal dalam segala apapun karena kesuksesan ada di tangan Anda sendiri.

  1. Mengendalikan emosi

Anda harus bisa mengendalikan emosi apapun yang ada. Jangan pernah terpancing emosi hingga keputusan yang Anda ambil tidak sesuai dengan kebijaksanaan untuk semua.

Artikel lain
×