Mahasiswa Cerdas di Era Digital, Sukses Kerja Mandiri dengan Aplikasi

Era digital, sudah banyak menyita perhatian para pebisnis yang ingin lebih memajukan bisnisnya di masa sekarang. Jika Anda tidak ikut andil meramaikan dunia digital, bisnis akan dianggap telah usang dan banyak yang tidak meminatinya. Apalagi, jika Anda adalah salah satu mahasiswa yang sudah lelah menjadi orang miskin. Tentunya Anda harus berani memainkan peran pengusaha yang mapan di era digital dengan memainkan aplikasi sebagai senjata bisnis Anda.

Pebisnis sukses, meskipun ia masih muda, namun ia akan tetap berupaya menjadi pebisnis yang profesional. Menjalin komunikasi dengan banyak pelanggan, dengan langkah terbaiknya. Bahkan mampu memanfaatkan peluang dengan adanya aplikasi yang lebih canggih.

Apa saja sih bisnis yang mengandalkan aplikasi di masa kini? Ini bisa Anda contoh ya, meskipun sebagai mahasiswa yang mempunyai kesibukan belajar, namun tetap bisa menghasilkan melalui freelance atau jarak jauh, ada apa saja sih peluangnya? Ini dia.

Memanfaatkan Aplikasi untuk Animasi

Di masa teknologi yang semakin canggih, bisa banget memainkan aplikasi yang ‘berserakan’ di masa kini untuk mencari uang, salah satunya dengan menyibukkan diri membuat animasi-animasi lewat aplikasi tertentu. Anda bisa mengambil kesempatan menjadi:

Animator

Dunia animator sangat luas, tetapi yang paling mencolok adalah ketika Anda ingin menjadi animator untuk dunia perfilman, film animasi. Pada film animasi, tentu tugas Anda adalah membuat animasi untuk konten film tersebut. Nah yang membuat Anda lebih bisa berkreasi, film animasi ini banyak sekali jenisnya. Bisa untuk film di televisi, dan karyanya bisa dikenal masyarakat, untung-untung kalau booming seperti Disney dan lain sebagainya. Namun jika Anda bekerja untuk dunia film di nusantara, bisa tampil tuh seperti filmnya Bang Sopo dan Jarwo, serta masih banyak lagi contoh film Indonesia.

Jika Anda masih kurang percaya diri melamar kerja ke media atau ke dunia pertelevisian, bisa memulainya dengan membuat channel pribadi di YouTube, diisi dengan karya animasi pribadi. Bahkan pekerjaan ini juga sangat bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk jika masih menjadi mahasiswa.

Video Editor

Mempunyai pengalaman yang banyak adalah kunci kesuksesan untuk bisa menjadi animator Indonesia. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk latihan sekaligus praktek membuat konten animasi. Jauh sebelum rasa percaya diri Anda muncul, dan kemampuan Anda hebat, alangkah baiknya meninggikan jam terbang terlebih dahulu dengan ikut orang pada proyek-proyek yang ringan terlebih dahulu.

Anda bisa menjadi video editor, tugasnya adalah mengedit konten yang sudah ada bahannya. Anda tinggal menyatukan dan memperbaiki dengan kemampuan dan kreasi Anda sendiri. Lowongan menjadi video editor ada banyak sekali. Bisa Anda cari di internet seperti Google atau media sosial seperti Facebook dan lain-lain.

Relasi dan kemampuan dalam menjalankan aplikasi video editor di sini juga sangat berperan dalam menjamin keberhasilan mendapatkan kesempatan kerja, dan enaknya biasanya bisa jarak jauh atau freelance.

Memanfaatkan Aplikasi untuk Ilustrasi

Selain aplikasi untuk animasi, tentunya masih banyak lagi peluang yang bisa Anda lakukan. Di masa yang masih terdampak pandemi Covid 19, sulitnya mencari pekerjaan masih sangat dirasakan banyak orang. Butuh motivasi kerja yang dipupuk dengan rajin, mengapa Anda tidak mencoba pekerjaan ini:

Ilustrator Komik

Ada banyak sekali contoh pekerjaan untuk para ilustrator Indonesia. Salah satunya adalah menjadi ilustrator komik. Di mana Anda bisa belajar menggambar terlebih dahulu, layaknya mengilustrasikan sesuatu. Biasanya untuk bisa menggambar komik dengan bagus, ada caranya, jika perlu Anda masuk menjadi salah satu anggota pencinta komik, agar bisa mendapatkan keilmuan, dan juga relasi mendapatkan pekerjaan.

Ilustrator Forensik

Lowongan pekerjaan sebagai ilustrator yang kedua, lebih menantang, yaitu menjadi ilustrator forensik. Pekerjaan apa itu? Sebuah pekerjaan yang tidak hanya dibekali dengan kemampuan menggambar dalam bentuk kartun, melainkan mampu menganalisa psikis seseorang dan mengilustrasikan dalam bentuk gambar.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang satu ini tidak mudah. Anda perlu mengenali dan membekali kemampuan diri dengan pelajaran psikologi. Contoh ilustrator forensik antara lain menggambarkan wajah buronan kepolisian, atau gambar orang hilang, biasanya ditempelkan pada dinding-dinding rumah orang.

Ilustrator Medis

Anda masih belum puas menjelajah dunia ilustrator? Saatnya menjadi ilustrator medis. Di mana tugas utamanya adalah menggambar bagian tubuh atau organ tubuh untuk dapat menganalisa kesehatan. Biasanya ilustrator jenis pekerjaan ini sangat dibutuhkan dalam keperluan menggambar bagian organ tubuh di dalam buku medis.

Ilustrator Storyboard

Kalau jenis pekerjaan ilustrator yang satu ini, sepertinya banyak yang suka ilustrasi storyboard. Karena kekreativitasan kita akan lebih teruji, biasanya untuk keperluan ilustrasi dalam pembuatan kartun atau animasi film. Untuk bisa menjadi film animasi yang rapi dan layak tonton, ada hasil pekerja ilustrator storyboard terlebih dahulu untuk memandu jalannya film animasi tersebut.

Anda tidak perlu menjadi pintar dengan lulusan cumlaude atau terbaik universitas untuk menjadi pebisnis sukses yang mengandalkan digital atau teknologi yang kian canggih di masa kini. Bahkan, tidak perlu diwisuda terlebih dahulu. Anda belum lulus pun bisa menjadi pebisnis digital, asal mau belajar lebih keras.

Selain belajar, motivasi kerja harus dipupuk lebih apik dan kuat, agar peluang mendapatkan pekerjaan freelance atau utama bisa cepat Anda dapatkan, bahkan jika Anda merangkap menjadi dosen sekalipun, kesempatan bekerja dengan mengandalkan aplikasi juga masih sangat bisa Anda peroleh, asalkan mempunyai relasi yang kuat dan luas.

Artikel lain
×