Studi kelayakan bisnis adalah syarat utama dalam menjalankan start up online yang sukses. Sayangnya banyak orang tidak terlalu mengerti soal ini dan masih meremehkannya. Untuk memastikan Anda tahu lebih soal proses studi kelayakan ini, mari bahas lebih dalam di artikel berikut!

Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?

Arti studi kelayakan bisnis secara sederhana adalah proses pengumpulan evaluasi untuk menilai prospek usaha. Studi kelayakan ini melihat aspek ide, pengumpulan berbagai data pasar dan prospek usaha, pencarian partner dan network, menentukan alur kerja dan produksi, serta hasil simulasi usaha.

Dari proses studi ini, Anda akan dapatkan informasi tentang start up secara lebih mendalam. Menyusun proyek start up tanpa data, planning dan simulasi hanya akan mengundang kegagalan. Jadi sangat disarankan melakukan studi kelayakan usaha sebelum mulai start up.

Pentingnya Melakukan Studi Kelayakan Sebelum Buat Start Up Online

Jika Anda masih meremehkan pentingnya melakukan studi kelayakan usaha, mari lihat berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukannya di bawah ini:

Memudahkan Mencari Investor

Studi kelayakan bisnis tentu penting bagi start up online untuk cari investor. Start up rata – rata berdiri tanpa modal sendiri. Mereka mengajukan proposal proyek start up dan investor memberikan dana untuk hal tersebut.

Salah satu faktor penarik investor adalah studi kelayakan usaha yang detail dan memiliki prospek. Tanpa syarat ini, investor akan menganggap start up tidak transparan. Banyak start up dengan konsep menarik sulit mendapatkan investor karena data studi kelayakannya tidak bagus. Jadi pastikan Anda mampu lakukan studi ini dan memperbaiki aspek negatif start up sebelum mencari investor.

Menjadi Akumulasi Informasi Penting Untuk Mulai Bangun Start Up

Saat melakukan studi kelayakan start up, banyak informasi dan data akan terkumpul. Contoh saja tentang data survey pasar, informasi kebutuhan budget modal, networking partner yang diperlukan dan juga informasi planning usaha lainnya.

Dari data dan inforamsi tersebut, Anda bisa jalankan start up dengan ekspektasi realistis berdasarkan data yang jelas. Hal ini tentu lebih penting untuk memastikan Anda bisa mengaplikasikan startegi bisnis yang lebih tepat sesuai data yang didapatkan tersebut.

Mempermudah Proses Alur Kerja Start Up

Manfaat studi kelayakan bisnis juga bisa dilihat dalam pengelolaan dan alur kerja. Karena memiliki sudah melakukan evaluasi mendalam, rancangan kerja pasti lebih rinci. Dari sini, karyawan dan pihak manajemen bisa bekerja secara jelas dan tinggal mengikuti arahan optimal dari informasi studi kelayakan tersebut.

Memperkecil Resiko Gagal

Hal paling penting dari studi kelayakan untuk start up adalah memperkecil kemungkinan gagal. Banyak start up di Indonesia tidak bisa bertahan selama 1 tahun hanya karena kurang mampu adaptasi. Mereka tidak punya informasi cukup soal peluang berkembang dan target pasar. Karena kurangnya info, mereka bisa salah prediksi keuntungan yang mereka dapat. Jika besaran income tidak sebanding biaya operasi, start up pasti tutup karena rugi.

Membuka Peluang Perbaikan dan Pengembangan Usaha

Jika melakukan studi kelayakan usaha dengan detail, Anda akan temukan berbagai aspek usaha yang masih bisa diperbaiki dan kembangkan. Jadi saat start up dimulai, Anda langsung tahu bagaimana cara mengembangkan usaha dengan baik.

Banyak start up sering kehilangan arah karena tidak punya ide untuk berkembang. Hal ini karena mereka kurang mendalam melakukan studi kelayakan. Perpaduan informasi studi kelayakan sebelum mulai usaha dan informasi evaluasi setelah menjalankannya, Anda akan lebih jelas mengarahkan bisnis menjadi lebih sukses.

Solusi Kesulitan Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Walaupun penting dilakukan sebelum start up, proses studi kelayakan untuk bisnis bisa membebani. Banyak orang kurang mampu menggunakan perspektif kritis untuk ide usaha mereka. Padahal, jika tidak dikaji dengan baik, usaha start up berpeluang besar akan gagal.

Untuk solusi, disarankan Anda menyewa jasa konsultan untuk hal ini. Banyak jasa konsultan seputar kelayakan usaha yang tersedia sekarang ini. Menggunakan bantuan jasa tersebut, Anda bisa plan start up yang lebih kompeten dan sesuai dengan visi sukses Anda.

Biaya menggunakan jasa studi kelayakan bisnis memang sedikit mahal. Tapi di sisi lain, Anda lebih menjamin kesuksesan proyek start up Anda. Bisa dibilang, hal ini adalah biaya tambahan untuk raih sukses yang diinginkan.

Sekian bahasan tentang pentingnya melakukan studi kelayakan bisnis sebelum Anda mulai bisnis start up online. Terima kasih sudah membaca artikel dan semoga bahasannya berguna bagi Anda sekalian!

Artikel lain
×