Raih Sukses melalui Digital Business

Beberapa tahun terakhir, dunia bisnis berubah, yang awalnya konvensional kini berubah mengikuti perkembangan zaman yakni memasuki era digital. Hampir semua sektor bisnis berubah kendali menuju ke arah digitalisasi. Banyak contohnya, dimulai dari koran dan buku, saat ini tentunya lebih familiar dengan koran online dan e-book. Digital business makin akrab dengan masyarakat ketika pandemi melanda dunia. Tak hanya koran dan buku yang berubah, digital business juga mengubah seluruh sendi kehidupan. Pasalnya digital business bisa dibilang lebih menguntungkan jika kita tahu strategi berbisnisnya.

Strategi berbisnis di dunia maya tentu tidak mudah, perlu belajar, maka tak mengherankan jika sebagian kampus ternama membuka jurusan digital business untuk mencetak pebisnis handal salah satunya seperti UC Makassar. Perlu diketahui juga belajar digital business saat ini sangat populer karena para pebisnis tentunya tidak mau ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat. Alasan ini lah yang membuat digital business makin diburu oleh mahasiswa baru, mengingat ilmunya sangat dibutuhkan saat ini. Banyak orang tentunya ingin sukses berbisnis karena itu salah satunya dengan belajar digital business. Meskipun jurusan digital business saat ini mulai dibuka di beberapa kampus ternama kadang tidak semua orang mengerti apa itu digital business.

Digital business, sesuai dengan namanya yakni usaha atau bisnis yang menggunakan alat digital atau bisnis yang terdigitalisasi. Jenis digital business sebenarnya beragam, namun yang dengan mudah kita jumpai adalah marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lain-lain. Selain marketplace, digital business seperti e-commerce juga berjamuran. Meskipun dua jenis digital business seolah terlihat sama namun sebenarnya berbeda. Perbedaannya, marketpalce mewadahi atau mempertemukan penjual dan pembeli contohnya seperti Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya, sedangkan e-commerce yakni pebisnis yang mengelola website sendiri dan langsung mewadahi pembelinya jika ingin memesan. Contohnya perusahaan dibidang retail kemudian membuat website sendiri dan calon pembeli tinggal membeli barang yang diinginkan melalui website tersebut.

Banyak masyarakat yang awalnya meragukan digital business kini justru semakin menikmati berbisnis di dunia maya. Pasalnya calon pembeli tidak terbatas ruang dan waktu. Kapan pun dan dimana pun bisa bertransaksi, inilah salah satu keuntungan digital business yang dapat dirasakan. Meskipun begitu, saat berbinis di dunia maya harus tetap waspada, mengingat segala macam penipuan juga bisa muncul begitu saja. Cara satu-satunya untuk sukses berbisnis di dunia maya yakni dengan belajar digital business secara sungguh-sungguh. Pahami kelebihan dan kekurangannya sehingga bisa mencari cara untuk mengatasi kendala saat memutuskan memasuki digital business.

Meraih kesuskseskan melalui bisnis digital bukan isapan jempol semata, banyak anak muda yang mengembangkan usahanya dengan konsep digital business. Sebut saja Amanda Cole yang sukses mengembangkan e-commerce di bidang pertanian. Mungkin tak banyak orang yang berpikir bahwa hasil-hasil pertanian bisa dijual secara online. Mengingat selama ini hasil pertanian identik dengan dijual ke pasar tradisional atau langsung ke tengkulak. Ternyata setelah dicoba dipasarkan secara online, masyarakat justru tertarik dan lebih senang belanja sayur online. Hal ini tentu tak disangka juga oleh sebagian besar masyarakat, karena banyak orang yang kelihatannya tidak paham dunia digital, namun karena terbiasa menjadi akrab. Jadi belajar digital business itu sangat perlu untuk mengurangi resiko-resiko yang muncul saat memutuskan menggeluti bisnis modern sekaligus mengembangkan ide-ide baru yang dibutuhkan untuk membantu kinerja masyarakat.

Artikel lain
×