Strategi Endorsement untuk Tingkatkan Brand Awareness

Strategi sangat diperlukan dalam menyukseskan rencana. Dalam dunia entrepreneurship, diperlukan strategi bisnis yang tepat dan terukur, termasuk dalam menyukseskan pemasaran produk sebagai tujuannya. Endorsement adalah solusi promosi yang efektif dan tepat sasaran karena dilakukan via media online oleh seseorang yang berpengaruh. Hal ini membuat konsumen merasa lebih dekat dan tertarik dengan produk. Kesuksesan promosi secara halus ini bisa ditingkatkan melalui strategi endorsement demi membuat konsumen menyadari pentingnya merek yang Anda pasarkan.

  1. Memilih Endorser yang Tepat dan Kredibel

Endorsement memiliki peluang besar untuk menyukseskan pemasaran dengan jangkauan luas. Dengan endorser yang tepat, citra merek dan manfaat produk bisa dengan cepat diketahui orang banyak. Hal ini dikarenakan memanfaatkan media sosial dan endorser yang sudah dikenal, terbukti dari jumlah pengikut ribuan.

Ketepatan memilih endorser sangat menentukan keberhasilan promosi. Untuk itu, pilihlah endorser yang karakter dan profilnya sesuai dengan segmen pasar yang dituju agar tepat sasaran dalam mengajak konsumen atau calon konsumen Anda. Selain ketepatan tersebut, kredibilitas endorser perlu dipertimbangkan yaitu memilih endorser yang berpengalaman dengan riwayat konten menarik, mempunyai latar belakang yang sesuai agar representatif, serta mempunyai citra diri yang baik. Citra diri seorang endorser sangat perlu dipertimbangkan karena langsung berpengaruh pada citra merek yang dipromosikan. Dengan demikian, pastikan memilih seseorang dengan personality yang baik karena apa yang dikatakan dan dilakukan endorser, pasti orang lain akan mengikuti.

  1. Mempertimbangkan dan Memantau Engagement Rate

Kegiatan ekonomi bisnis erat kaitannya dengan pemasaran. Di era digital saat ini, pemasaran online merupakan langkah efisien dalam memosisikan merek di pasar. Sebagai langkah promosi yang kekinian dan berskala besar, strategi endorsement perlu berfokus pada engagement rate yang menandakan tingkat interaksi dari para follower.

Engagement rate yang tinggi adalah indikator para follower benar-benar mengikuti aktivitas atau unggahan endorser. Jika tingkat antusiasme pengikutnya tinggi, maka setiap informasi merek dan produk Anda dapat tersampaikan secara real time dan berpotensi viral karena tersebar secara bersamaan. Bahkan, pengikut di media sosial endorser tersebut akan membagikan kepada relasi atau mengunggah ulang konten promosi yang tentu saja memperbesar kesempatan pemasaran produk.

  1. Fokus pada Platform yang Tepat

Peran media sosial harus dimanfaatkan dengan cepat dan tepat. Pada promosi menggunakan endorser, pilihlah platform yang tepat dan fokuslah di sana. Tidak hanya satu, Anda bisa memilih dua atau tiga platform sebagai media promosi. Untuk memulai branding, Anda bisa mencoba fokus pada satu atau dua platform agar efektif. Sebagai contoh, jika merek yang dipasarkan mempunyai produk untuk anak muda, maka bisa mengoptimalkan Instagram dan TikTok. Akan tetapi, jika produknya lebih umum, maka bisa menyertakan Facebook yang penggunanya mempunyai rentang usia lebih beragam.

  1. Mengelola Konten secara Optimal

Konten adalah kunci keberhasilan promosi. Melalui endorser, pengusaha harus mampu mengomunikasikan merek dan produknya dengan komunikatif, menarik, dan lengkap. Konten yang diunggah endorser harus melalui berbagai pertimbangan, di antaranya dari segi kualitas informasi, bahasa, visual, audio, dll. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan tipe konten dengan karakteristik media sosial. Sebagai contoh, Instagram lebih sesuai dengan konten berupa foto dan video, sedangkan Facebook lebih sesuai dengan konten teks, gambar, dan video.

Manajemen konten harus dilakukan secara optimal dan konsisten. Pantaulah setiap unggahan endorser agar mengetahui feedback para pengikutnya. Jika antusiasmenya tinggi, maka menghasilkan respon positif. Engagement rate dari konten tersebut juga tinggi, sehingga sukses meningkatkan brand awareness.

  1. Aktif Berinteraksi dengan Audiens

Komunikasi merupakan elemen penting dalam promosi. Sebagai salah satu metode promosi, endorsement perlu dioptimalkan dengan interaksi positif dan konsisten antara endorser dan pengikut atau penggemarnya. Respon dari konten yang diunggah endorser merupakan indikator keberhasilan endorsement suatu merek atau produk. Oleh karena itu, pilihlah endorser yang aktif berinteraksi dengan audiens, sehingga mampu mengomunikasikan merek dan produk secara optimal dan tepat sasaran. Pilihlah seseorang yang secara konsisten dan real time membalas komentar audiens dengan kalimat positif dan persuasif. Dengan demikian, audiens merasa dihargai dan semakin tertarik mengonsumsi produk, bahkan persepsinya sangat positif pada merek yang dipasarkan tersebut.

Beragam strategi di atas sangat mendukung keberhasilan endorsement yang meningkatkan brand awareness. Terakhir, hal yang penting adalah perlu mengutamakan endorser yang profesional. Hal ini sangat penting untuk kerja sama jangka panjang yang menguntungkan.

Artikel lain
×