Terdapat beberapa keterampilan komunikasi untuk sales yang harus mereka kuasai agar bisa menarik perhatian konsumen. Seperti kita ketahui bahwa sales memiliki peran penting dalam memasarkan sebuah produk.

Hal ini dikarenakan tugasnya menjelaskan produk ataupun pelayanan kepada calon konsumen sehingga yang awalnya mereka tidak tahu bisa tertarik untuk membelinya. Pastinya orang yang bekerja di bidang ini harus pintar dalam berkomunikasi karena akan menjadi komunikator yang handal.

Karena itu penting bagi sales memiliki beberapa kemampuan dalam berkomunikasi sehingga bisa menjual lebih banyak barang dari sebelumnya. Berikut beberapa keterampilan yang harus dimiliki sehingga bisa menjadi seorang sales profesional, apalagi pekerjaan ini tidaklah mudah sebab tidak hanya sembarangan berbicara.

  1. Pintar Dalam Menguasai Bahasa Tubuh

Pastinya Anda sudah tahu apa itu sales di mana berfungsi untuk menjelaskan sebuah produk, tetapi di dalam pekerjaan ini maka Anda harus belajar menguasai bahasa tubuh juga sehingga tidak berbicara saja.

Karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa separuh komunikasi itu adalah non verbal yaitu seperti gerakan tangan, senyuman, ekspresi, perubahan intonasi. Semua itu merupakan bentuk sinyal yang diberikan kepada lawan bicara.

Bahkan terkadang orang tidak menyadari bahwa bahasa tubuh ini setiap saat dikirimkan meskipun sedang tidak berbicara. Dengan menguasai bahasa tubuh ini maka tanpa sadar Anda bisa menarik perhatian lawan bicara sehingga tidak datar.

  1. Mampu Berempati Dengan Pelanggan

Keterampilan komunikasi untuk sales tidak hanya sekedar berbicara tetapi juga harus mampu berempati dengan pelanggan. Dengan kemampuan ini maka bisa membangun citra Anda di depan pelanggan bahwa mengerti akan permasalahan yang mereka alami. Bahkan pelanggan menganggap bahwa Anda mampu menyelesaikan masalah yang ada.

Namun yang terjadi di lapangan pada saat ini ada banyak sekali tenaga penjualan yang hanya berempati sebatas dengan menyetujui saja. Ada baiknya jika Anda mendengar permasalahan mereka dan menyajikan solusi dengan menawarkan produk Anda. Sebab konsumen juga tidak bodoh karena mereka sadar mana orang yang benar-benar memahami permasalahan mereka atau tidak.

Kondisi inilah yang menyebabkan banyak tenaga penjual memberikan produk yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Makan dengan cara ini Anda bisa membangun kedekatan emosional.

  1. Mengetahui Seluk Beluk Produk 

Sebelum mencari tahu mengenai teknik komunikasi sales maka hal yang sangat besar dan wajib diketahui adalah mengenai produk yang ditawarkan. Dengan mengetahui seluk beluk produk tersebut maka mudah bagi Anda mengkomunikasikannya dengan pelanggan.

Seorang sales yang baik bisa menjelaskan fitur dan manfaat khusus mengenai produk tersebut sehingga pelanggan tertarik. Jika Anda merupakan tenaga penjualan sebuah produk tetapi seluk beluk mengenai produk tersebut tidak diketahui. Jadi ketika pihak konsumen bertanya mengenai produk tersebut maka Anda tidak bisa menjelaskannya.

Apalagi di dalam pekerjaan ini Anda harus menjelaskan mengenai produk tersebut dengan detail dan spesifik. Akan sangat menarik apabila Anda memperkuat penjelasan dengan menggunakan angka dan data statistik sehingga meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Namun hindarilah ketika menjelaskan produk milik Anda maka mencarikan produk dari brand lain. Hal ini tidak hanya bisa merusak citra produk tetapi juga perusahaan. Oleh sebab itu inilah tiga macam kemampuan yang harus dimiliki, dengan keterampilan komunikasi untuk sales ini tidak hanya bisa mendapatkan konsumen dari pangsa pasar tetapi juga orang-orang yang awalnya tidak ingin membeli.

Artikel lain
×