Page Untuk InfoUC

Bagaimana Cara Meminjam Kartu AC

Kapan & Dimana Mengambil & Mengembalikan Kartunya

Halo,

Untuk meminjam kartu AC, pastikan kamu sudah melakukan booking ruangan dan sudah disetujui ya.

Setelah booking ruangan disetujui, kamu dapat meminjam kartu AC di Pos Security di Plaza Lantai 1, bersamaan dengan kunci pintu ruangan.

Setelah selesai menggunakan ruangan, jangan lupa untuk mengembalikan kunci pintu beserta kartu AC ruangan yang dipinjam, kepada Security di Plaza Lantai 1, ya.

Bagaimana Cara Meminjam/ Booking Ruangan

Informasi Kontak HCM


Whatsapp/tlp : 0812-4412-2212

Instagram : @lifeatkampusciputra

Web : https://www.ciputramakassar.ac.id/lowongan-kerja-kampus-ciputra-makassar/
Link Gform loker : bit.ly/UCcareer2025

Halo,

Berikut alur peminjaman/ booking ruangan oleh mahasiswa:

  1. Download Form Booking Ruangan berikut:
    Form Peminjaman Ruangan.
  2. Isi dan lengkapi form tersebut termasuk tanda tangan PIC/ Dosen/ Departemen penanggung jawab.
  3. Setelah Form terisi dengan lengkap, silahkan datang ke Academic Support atau Departemen Penanggung Jawab, untuk dibantu booking melalui CEdX Employee.
  4. Setelah peminjaman/ booking disetujui, pada hari H pemakaian, kamu dapat meminjam kunci pintu dan kartu AC di Pos Security di Plaza Lantai 1.
  5. Setelah pemakaian ruangan, jangan lupa untuk mengembalikan kunci pintu dan kartu AC ke Pos Security di Plaza Lantai 1, tempat yang sama saat mengambil tadi ya.

Terima kasih.

Penjelasan Tentang CIC / SIC

Syarat dan Ketentuan 

Kemana saya harus membuat surat tugas CIC / SIC ? BMA/BAA/MNA

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

Melan Bano Jill Aurora (Jill Aurora)

CIC

Pengajuan Surat Tugas CIC direquest maksimal h-3 pelaksanaan penetilian. Tidak diperbolehkan untuk request backdate / tidak boleh melakukan penelitian sebelum dikeluarkan surat tugas .

Pengajuan Surat tugas by email ke melan.bano@ciputra.ac.id cc : yuyun.suade@ciputra.ac.id, @elia.ardyan@ciputra.ac.id

Pengajuan Surat Tugas atau Pengantar

Untuk mengajukan Surat Tugas atau Pengantar, kamu bisa berkoordinasi terlebih dulu kepada Kaprodi dan/atau dosen pembimbing/mata kuliah. Setelah mendapat konfirmasi, bisa melakukan request melalui email ke baa.makassar@ciputra.ac.id dengan menyertakan detail seperti nama mahasiswa yang terlibat, NIM, mata kuliah, tujuan surat, penerima surat (nama dan jabatan), tanggal pelaksanaan, aktivitas yang dilakukan, serta bukti konfirmasi dari Kaprodi dan/atau dosen pembimbing/mata kuliah. Jangan lupa di CC (Carbon Copy) email request kepada Kaprodi serta dosen pembimbing/mata kuliah. Proses pembuatan Surat Tugas atau Pengantar membutuhkan waktu 3 hari kerja sejak submit request.

Surat Keterangan Mahasiswa

Untuk pengajuan surat keterangan mahasiswa dengan berbagai keperluan seperti Visa, BPJS, Tabngan, dan lain-lain dapat diajukan secara mandiri melalui portal student.uc.ac.id

Tahapannya adalah:

  • Pilih My Activity kemudian klik Request Reference Letter
  • Pilih Category yang diperlukan lalu pilih Language (Indonesia atau English)
  • Untuk format Surat Keterangan Mahasiswa:
    • Pilih Online untuk surat dalam bentuk softfile yang dikirimkan melalui email
    • Pilih Offline untuk surat dalam bentuk hard copy yang dapat diambil di Student Service lantai 2 di jam operasional.

Proses pembuatan Surat Keterangan Mahasiswa membutuhkan waktu 3 hari kerja sejak submit request.

Pengajuan Transkrip Akademik

Untuk mengajukan Transkrip Akademik, kamu bisa melakukan request melalui email ke baa.makassar@ciputra.ac.id dengan menyertakan detail seperti nama mahasiswa dan NIM. Proses pembuatan Transkrip Akademik membutuhkan waktu 3 hari kerja sejak submit request.

Bagaimana Cara Meminjam Inventaris UC Makassar

Kapan & Dimana Mengambil & Mengembalikan Barangny

Halo,

Untuk meminjam inventaris kampus dan digunakan di area kampus, pastikan kamu sudah mengisi Form Peminjaman Barang yang dapat diambil di Academic Support dan sudah disetujui ya.

Setelah Form Peminjaman Barang disetujui, kamu dapat melakukan koordinasi dengan Property Management untuk prosedur selanjutnya.

Untuk meminjam inventaris kampus dan digunakan di luar kampus, pastikan kamu sudah mengisi Surat Jalan  yang dapat diambil di Academic Support dan sudah disetujui ya.

Setelah Surat Jalan disetujui, kamu dapat melakukan koordinasi dengan Property Management untuk prosedur selanjutnya.

Bagaimana Cara Meminjam Inventaris Kampus untuk Digunakan dalam Area Kampus

Halo,

Berikut alur peminjaman inventaris kampus untuk digunakan dalam area kampus oleh mahasiswa:

  1. Mengambil Form Peminjaman Barang di Academic Support Lantai 2.
  2. Isi dan lengkapi form tersebut termasuk tanda tangan PIC/ Dosen/ Departemen penanggung jawab.
  3. Setelah Form terisi dengan lengkap, silahkan melakukan koordinasi dengan Property Management. Kamu dapat mendatangi Academic Support untuk bertemu dengan Property Management.
  4. Property Management akan menyiapkan barang yang akan dipinjam sesuai dengan kesepakatan bersama
  5. Setelah pemakaian barang, jangan lupa untuk mengembalikan barang dan menandatangi Form Peminjaman Barang dengan melakukan koordinasi bersama Property Management. Terima kasih.

Bagaimana Cara Meminjam Inventaris Kampus untuk Dibawa Keluar Area Kampus

Halo,

Berikut alur peminjaman inventaris kampus untuk dibawa keluar area kampus oleh mahasiswa:

  1. Download Form Surat Jalan berikut:

Link 

  1. Mengisi dan lengkapi form tersebut termasuk tanda tangan PIC/ Dosen/ Departemen penanggung jawab.
  2. Setelah Form terisi dengan lengkap, silahkan melakukan koordinasi dengan Property Management. Kamu dapat mendatangi Academic Support untuk bertemu dengan Property Management.
  3. Property Management akan menyiapkan barang yang akan dipinjam sesuai dengan kesepakatan bersama.
  4. Setelah pemakaian barang, jangan lupa untuk mengembalikan barang dan melakukan koordinasi kembali dengan Property Management. Terima kasih.

Barang Apa Saja yang Bisa Dipinjam?

Halo,

Kamu dapat melihat daftar barang apa saja yang dapat dipinjam melalui link berikut …….. Pada file Excel bagian sheet ‘’Daftar Barang‘’

Ditambah link Cedx

Panduan KP  

https://drive.google.com/file/d/1ylNnWcAambw-nRQULEv19ea90ii1pAgI/view?usp=sharing

Penjelasan, Syarat dll

https://drive.google.com/file/d/1duZVvXSFVg12s0yaSU2ofjcc77aaH5zL/view?usp=sharing

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

Untuk melihat kalender akademik UC Makassar, silakan klik di link berikut https://www.ciputramakassar.ac.id/baa/mahasiswa/kalender-akademik-24/

PDF File (GDrive) Academic Calendar 2024-2025 Rev. 01.pdf

Semester Genap 2024/2025

  • KRS : 17-19 Februari 2025
  • Revisi KRS : 20-21 Februari 2025
  • Perkuliahan Semester Genap : 24 Februari - 21 Juni 2025
  • ALP (Assessment of Learning Performance / UAS) : 16-21 Juni 2025
  • Re-Test : 30 Juni - 12 Juli 2025 (bagi mahasiswa yang memiliki nilai akhir mata kuliah C ke bawah diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai pada MK yang diambil pada Semester Genap)

Kalender Akademik

PDF / Gambar

List Penjelasannya

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

Andrew Wijaya

Surat Sakit:

    • Mahasiswa dapat menyampaikan kepada dosen yang bersangkutan mengenai alasan ketidakhadiran, dan disertai dengan bukti pendukung
    • Surat keterangan dianggap valid sebagai bukti penyesuaian presensi mahasiswa apabila diterima paling lambat 3 (tiga) hari sejak tidak menghadiri perkuliahan dan wajib menyertakan resep dokter sebagai bukti mahasiswa sedang dalam perawatan medis sesuai anjuran dokter.
    • Jika melewati masa waktu 3 (tiga) hari, maka surat keterangan dianggap tidak valid dan tidak dapat digunakan untuk penyesuaian presensi mahasiswa.
  • Surat keterangan dari pelayanan kesehatan online tidak dapat diakui sebagai surat keterangan sakit.

Umroh/Mengikuti Lomba/Penugasan/Kegiatan yang diadakan oleh Kampus:

  • Mahasiswa dapat menyampaikan kepada dosen yang bersangkutan mengenai alasan ketidakhadiran, dan disertai dengan bukti pendukung
  • Surat keterangan dianggap valid sebagai bukti penyesuaian presensi mahasiswa apabila diterima paling lambat 3 (tiga) hari sejak tidak menghadiri perkuliahan.
  • Jika melewati masa waktu 3 (tiga) hari, maka surat keterangan dianggap tidak valid dan tidak dapat digunakan untuk penyesuaian presensi mahasiswa.

Kedukaan:

  • Mahasiswa dapat menyampaikan kepada dosen yang bersangkutan mengenai kedukaan anggota keluarga, dan disertai dengan bukti pendukung. Anggota keluarga yang dimaksud adalah orang tua kandung (Ayah/Ibu), saudara kandung/sedarah (Kakak/Adik), Kakek/Nenek.
  • Ketidakhadiran dianggap valid sebagai bukti penyesuaian presensi mahasiswa apabila diterima paling lambat 1 (satu) hari sejak tidak menghadiri perkuliahan.

Andrew Wijaya Boleh ditambahkan siapa aja anggota keluarga yang masuk ke izin nya
Misal kakek / nenek/ orang tua

Surat Sakit

Cara mengajukan

Syarat & Ketentuan

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

Andrew Wijaya

Berkas MBKM

Berikut adalah beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti program MBKM.

  • Program Pertukaran Pelajar
  1. Form Pendaftaran MBKM
  2. Form Rekomendasi Pertukaran Pelajar
  3. Surat Persetujuan Orang Tua
  4. Surat Pernyataan Komitmen Pertukaran Pelajar

 

  • Program Magang (Internal, Eksternal, Ciputra Group)
  1. Form Pendaftaran MBKM
  2. Form Rekomendasi Magang
  3. Surat Persetujuan Orang Tua
  4. Surat Pernyataan Komitmen Magang

Dokumen wajib tambahan: Proposal Magang, CV, Portfolio (Optional)

 

  • Program Magang Fambus
  1. Form Pendaftaran MBKM
  2. Form Rekomendasi Magang
  3. Surat Persetujuan Orang Tua
  4. Surat Pernyataan Komitmen Magang

Dokumen wajib tambahan: Program Kerja, CV

 

  • Program Wirausaha
  1. Form Pendaftaran MBKM
  2. Form Rekomendasi Magang
  3. Surat Persetujuan Orang Tua
  4. Surat Pernyataan Komitmen Magang

Dokumen wajib tambahan: Proposal Bisnis, CV, Business Model Canvas

 

Informasi Mengenai MBKM

  • Program MBKM bagi mahasiswa UC Makassar terbagi menjadi 2: MBKM Flagship dan MBKM Mandiri. 
  • Informasi terkait MBKM Flagship dapat dilihat melalui melalui laman resmi berikut (https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/id)
  • Informasi terkait MBKM Mandiri akan diinfokan lebih lanjut setiap semester melalui Program Sosialisasi MBKM yang diadakan oleh Tim MBKM UC Makassar sebelum semester selanjutnya berlangsung. Mahasiswa diwajibkan untuk hadir pada Sosialisasi MBKM dikarenakan peraturan MBKM tiap semesternya dapat berubah melihat kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  • MBKM Inbound merupakan sebuah program MBKM yang memberikan kamu kesempatan untuk melaksanakan program MBKM di Kampus STIE Ciputra selama 1 semester. Terdapat 2 pilihan program yang dapat kamu pilih: Pertukaran Pelajar dan Wirausaha Mandiri

 

Syarat dan Ketentuan

Berikut adalah persyaratan umum untuk mengikuti program MBKM. Persyaratan dan Ketentuan ini berlaku untuk semua program MBKM Flagship dan MBKM Mandiri.

  1. Program MBKM hanya dapat diambil bagi mahasiswa yang akan menempuh semester 5 dan 6. Mahasiswa hanya diperbolehkan untuk mengambil 1 program per semester.
  2. Merupakan mahasiswa dengan status aktif dan telah melunasi pembayaran biaya kuliah (SPP) sampai dengan semester berjalan yang akan mengikuti program MBKM yang bersangkutan.
  3. Memiliki Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah 3,01
  4. Mendapatkan persetujuan dari pihak-pihak berikut.
  1. Orang Tua
  2. Dosen PA dan Kaprodi
  3. Wakil Ketua Bidang Akademik (Untuk program tertentu)
  1. Mahasiswa direkomendasikan untuk mengambil program MBKM yang sesuai dengan jalur sukses dan rencana masa depan.
  2. Bagi mahasiswa yang ingin mengambil program MBKM lintas jalur sukses, diwajibkan menjalani tahap interview internal UC Makassar. Hanya diperbolehkan untuk melanjutkan program MBKM yang diajukan apabila telah melewati setiap tahapan lintas jurusan. 
  3. Bersedia menerima konsekuensi yang ada apabila di kemudian hari ditemukan terdapat salah satu atau lebih dari kriteria dan persyaratan yang tidak memenuhi.
  4. Konversi program MBKM yang akan dilakukan adalah 20 SKS (Setara dengan 4 bulan perkuliahan)

 

Cara Registrasi

Informasi terkait registrasi akan dipaparkan saat Sosialisasi MBKM yang dilaksanakan  sebelum semester selanjutnya berlangsung. Mahasiswa diharapkan untuk mengikuti Sosialisasi MBKM yang diadakan oleh Tim MBKM UC Makassar.

Mahasiswa diwajibkan untuk mengisi link pendaftaran program MBKM yang hanya akan dibagikan saat Sosialisasi MBKM berlangsung. 

 

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

Saat ini belum ada link Cedx dan form pdf. Berikut adalah link Google drive per Prodi.

Prodi MAN : https://drive.google.com/drive/folders/1LuRfJHMn0mN-vcOP0px_L5EYKfMjtGax 

Prodi VCD : 

https://drive.google.com/drive/folders/1K4HrpLuSyvQy8KjOVCPBwJAhmfdAfhRZ 

Prodi IMT : 

https://drive.google.com/drive/folders/1SrhqLsrT7L9zSBltxc962t3at4xcm7rD 

Program MBKM Inbound

https://drive.google.com/drive/folders/1mQm7AWx2pSB5Tn9DoBYIZDyjdvdzvGnw

Predikat kelulusan

  • IPK 3.91–4.00 : Summa Cum Laude
  • IPK 3.51–4.00 : Cum Laude
  • IPK 3.51 –4.00 : Sangat Memuaskan/Very Good
  • IPK 2.76 –3.50 : Memuaskan/Good

 

Predikat cum laude

Untuk mendapatkan predikat cum laude, lulusan wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • 3,51 ≤ IPK ≤ 4
  • Memenuhi kredit poin kategori penelitian dan PkM ≥ 25
  • Memenuhi kredit poin kategori prestasi kemahasiswaan ≥ 25
  • Masa studi ≤ 4 tahun program sarjana
  • Tidak melanggar kode etik perguruan tinggi

 

Predikat summa cum laude

Untuk mendapatkan predikat summa cum laude, lulusan wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • 3,91 ≤ IPK ≤ 4
  • Memenuhi kredit poin kategori penelitian dan PkM ≥ 100
  • Memenuhi kredit poin kategori prestasi kemahasiswaan ≥ 100
  • Masa studi ≤ 4 tahun program sarjana
  • Tidak melanggar kode etik perguruan tinggi

 

Nilai

 

Keterkaitan dengan KP 

 

  • Wajib memenuhi KP dengan poin minimal 100 dimana semua kategori sudah terpenuhi dan berubah menjadi warna hijau. 
  • Wajib mengikuti SIC dan CIC. 
  • Tidak boleh mendapatkan pelanggaran kode etik yang dimana bisa dilihat dari pemotongan KP 

 

Syarat Cumlaude

Informasi Tentang IPK/IPS

Syarat & Ketentuan

Keterkaitan dengan KP

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

 

Andrew Wijaya

Paramitta Chandra

Jadwal Pembayaran Biaya Kuliah

 

S1

  1. Semester Ganjil:
  • ⁠  ⁠10 Agustus: 50% SPP Pokok
  • ⁠  ⁠10 September: Pelunasan 50% SPP Pokok
  • ⁠  ⁠10 Oktober: SPP Kredit (SKS)

 

  1. Semester Genap:
  • ⁠  ⁠10 Januari: 50% SPP Pokok
  • ⁠  ⁠10 Februari: Pelunasan 50% SPP Pokok
  • ⁠  ⁠10 Maret: SPP Kredit (SKS)

 

S2:

  1. Semester Ganjil:
  • ⁠  10 September: SPP Pokok dan SKS

 

  1. Semester Genap:
  • ⁠  10 Februari: SPP Pokok dan SKS

 

Mengecek Nomor Virtual Account BCA

Nomor Virtual Account BCA dapat ditemukan di aplikasi UC Student pada:

Menu > My Information > Finance.

 

Mengecek Nominal Tagihan

Nominal tagihan dapat dilihat melalui aplikasi UC Student pada:

Menu > My Information > Finance.

Informasi yang tersedia:

Due Date: Tanggal jatuh tempo atau batas pembayaran tagihan.

Unpaid: Total tagihan yang belum dibayarkan. Jika Unpaid bernilai 0, maka seluruh tagihan telah lunas.

Link Login Student Apps : https://student.uc.ac.id/

 

Denda jika Melewati Jatuh Tempo Pembayaran

Keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda sebesar Rp100.000/tahap.

 

Tata Cara Pembayaran

Tata cara pembayaran melalui Bank BCA atau melalui Bank Lain dapat diakses di link berikut:

https://www.ciputramakassar.ac.id/biro-keuangan-dan-akuntansi/

 

Apabila SPP Pokok Tahap 1 ingin dilunaskan pada waktu SPP Pokok Tahap 2

Kendala Pembayaran Tagihan

Jika terdapat kendala dalam pembayaran tagihan, mohon untuk dapat menghubungi WhatsApp Finance di nomor +62 853-4199-1010.

 

Harga SKS Mahasiswa

S1

Angkatan 2021: MAN = Rp 300.000 per SKS

Angkatan 2022: MAN = Rp 300.000 per SKS; IMT & VCD = Rp 400.000 per SKS

Angkatan 2023: MAN = Rp 350.000 per SKS; IMT & VCD = Rp 450.000 per SKS

Angkatan 2024: MAN = Rp 400.000 per SKS; IMT & VCD = Rp 450.000 per SKS

 

S2

Batch 1: Rp 600.000 per SKS

Batch 2: Rp 600.000 per SKS

Batch 3: Rp 600.000 per SKS

 

  • Termin Pembayaran
  • Cara Bayar
  • No VA 
  • Bagaimana Kalo termin 1 gak bayar tapi d lunasi di termin 2 atau sebaliknya
  • Syarat dan ketentuan
  • Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

Filisya

 

Mahasiswa Cuti Akademik

  • Cuti akademik adalah pembebasan mahasiswa untuk sementara waktu dari kewajiban mengikuti kegiatan akademik.
  • Sepanjang masa studi, mahasiswa diberi kesempatan mengambil cuti akademik selama 2 semester (tidak diambil secara berturut-turut).
  • Cuti akademik dapat diambil, setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya selama satu semester.
  • Pengajuan permohonan cuti akademik oleh mahasiswa dilakukan paling lambat 1 bulan sebelum KRS semester berikutnya dimulai.

 

Petunjuk Permohonan Pengajuan Cuti Akademik

  1. Mahasiswa menghubungi Academic Support menyampaikan keinginannya untuk cuti akademik.
  2. Academic Support memberikan UCM/FR/BAA/002 Cuti Kuliah-Aktif Kuliah, serta menjelaskan ke mahasiswa tersebut hal-hal yang wajib diisi oleh mahasiswa.
  3. Mahasiswa mengisi form:
    1. UCM/FR/BAA/002 Cuti Kuliah-Aktif Kuliah
    2. UCM/FR/BAA/003 Surat Pernyataan Ganti Status. Surat wajib ditanda tangani oleh mahasiswa diatas materai dan untuk mahasiswa S1 wajib diketahui oleh orang tua.
  4. Setelah mengisi form, mahasiswa menemui Dosen Pendamping Akademik serta Kaprodi untuk menandatangani persetujuan UCM/FR/BAA/002 Cuti Kuliah-Aktif Kuliah dan selanjutnya diserahkan kepada Academic Support.
  5. Setelah memeriksa kelengkapan dokumen dan keaslian surat pernyataan ganti status, selanjutnya form diserahkan kepada perpustakaan untuk pemeriksaan peminjaman buku dan FNA untuk pemeriksaan status keuangan. Dokumen yang telah lengkap diserahkan kepada BAA.
  6. BAA akan memeriksa seluruh berkas dan memperosesnya untuk diterbitkan Surat Cuti yang akan dikirimkan ke mahasiswa bersangkutan.

 

Mahasiswa Aktif Kuliah

  • Mahasiswa aktif kuliah adalah mahasiswa yang mengajukan aktif kuliah setelah mahasiswa tersebut cuti akademik atau dengan status not active (pada semester sebelumnya tidak melakukan KRS ataupun perkuliahan).
  • Proses aktif kuliah dilakukan pada akhir semester berjalan untuk didaftarkan/diaktifkan pada semester yang akan datang. Proses aktif kuliah kembali wajib dilakukan mahasiswa setiap kali bersangkutan telah mengambil cuti akademik.
  • Pengajuan aktif kuliah dilakukan paling lambat 1 bulan sebelum KRS semester berikutnya dimulai.

 

Petunjuk Permohonan Pengajuan Aktif Kuliah

  1. Academic support memberikan UCM/FR/BAA/002 Cuti Kuliah-Aktif Kuliah, serta menjelaskan ke mahasiswa tersebut hal-hal yang wajib diisi oleh mahasiswa.
  2. Mahasiswa mengisi form:
    1. UCM/FR/BAA/002 Cuti Kuliah-Aktif Kuliah
    2. UCM/FR/BAA/003 Surat Pernyataan Ganti Status. Surat wajib ditandatangani oleh oleh mahasiswa diatas materai dan untuk mahasiswa S1 wajib diketahui oleh orang tua.
  3. Setelah mengisi form, mahasiswa menemui Dosen Pendamping Akademik serta Kaprodi untuk menandatangani persetujuan UCM/FR/BAA/002 Cuti Kuliah-Aktif Kuliah. 
  4. Dokumen yang telah lengkap dengan tanda tangan dosen PA dan Kaprodi selanjutnya diserahkan kepada Academic Support.
  5. Setelah memeriksa kelengkapan dokumen dan keaslian surat pernyataan ganti status dan, selanjutnya form diserahkan ke FNA untuk pemeriksaan status keuangan. Dokumen yang telah lengkap diserahkan kepada BAA.
  6. BAA akan memeriksa seluruh berkas dan memperosesnya untuk kemudian diterbitkan
  7. Surat Aktif yang akan dikirimkan ke mahasiswa bersangkutan. 

 

Mengisi form berikut:

  • CSB FR BAA 03 Rev 02 Form Surat Pernyataan Ganti Status (upload)
  • CSB FR BAA 02 Rev 02 Form Permohonan Cuti Akademik-Aktif Kuliah Kembali (upload)

 

Mahasiswa Resign / Mengundurkan Diri

  1. Mahasiswa menemui academic support untuk meminta UCM/FR/BAA/04 Form Wawancara Mahasiswa Keluar dari STIE Ciputra Makassar.
  2. Mahasiswa mengisi form UCM/FR/BAA/03 Form Surat Pernyataan Ganti Status. Form wajib ditandatangani oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa S1 wajib diketahui oleh orang tua.
  3. Mahasiswa menemui Dosen Pembimbing Akademik (PA) dengan membawa UCM/FR/BAA/04 Form Wawancara Mahasiswa Keluar. Dosen PA akan melakukan wawancara kepada mahasiswa yang bersangkutan mengenai alasannya ingin mengajukan keluar dari STIE Ciputra Makassar dan kemudian mengisi lembar interview.
  4. Selanjutnya mahasiswa menemui BMA untuk melakukan interview untuk mengetahui apakah mahasiswa tersebut memungkinkan untuk tetap di STIE Ciputra Makassar.
  5. Academic support selanjutnya membuat UCM/FR/BAA/09 Form Permohonan Keluar dari STIE Ciputra Makassar.
  6. Academic support selanjutnya memberikan UCM/FR/BAA/09 kepada perpustakaan untuk memeriksa status peminjaman koleksi perpustakaan.
  7. Setelah mendapatkan verifikasi dari library, UCM/FR/BAA/09 diserahkan ke FA untuk dilakukan pengecekan status keuangan mahasiswa. Mahasiswa yang hendak mengajukan permohonan keluar/mengundurkan diri harus menyelesaikan kewajiban keuangannya terlebih dahulu.
  8. Apabila telah mendapatkan verifikasi dari perpustakaan dan FA, berkas lengkap tersebut diserahkan ke BAA untuk proses selanjutnya.
  9. Setelah berkas dinyatakan lengkap dan sesuai, BAA akan mengeluarkan Surat Pengunduran Diri Mahasiswa dan dikirim kepada mahasiswa yang bersangkutan.

 

Mengisi form berikut:

  • UCM/FR/BAA/04 Form Wawancara Mahasiswa Keluar dari STIE Ciputra Makassar (upload)
  • UCM/FR/BAA/03 Form Surat Pernyataan Ganti Status (upload)

 

Cuti Aktif

Cara mengajukan cuti 

Cara aktif kembali

Syarat & Ketentuan

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

 

Andrew Wijaya

Cara Koneksi Wifi

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

Alvin Christian Wijaya

 

Cara menghubungkan internet UC Makassar
Windows

  1. Buka setting wifi pada windows anda
  2. Temukan Wifi dengan SSID “UC Makassar”, lalu klik hubungkan
  3. Tunggu beberapa saat browser dengan portal https://portal.ciputramakassar.ac.id:8090/httpclient.html akan muncul 
  4. Masukkan username dan password yang sudah diberikan 
  5. Notes : Username ada didepan email dengan contoh email : alvin.christian@student.ciputra.ac.id memiliki username alvin.christian

Android

  1. Buka setting wifi pada android anda
  2. Temukan Wifi dengan SSID “UC Makassar”, lalu klik hubungkan
  3. Tunggu beberapa saat browser dengan portal https://portal.ciputramakassar.ac.id:8090/httpclient.html akan muncul 
  4. Masukkan username dan password yang sudah diberikan 
  5. Notes : Username ada didepan email dengan contoh email : alvin.christian@student.ciputra.ac.id memiliki username alvin.christian

Apple

  1. Buka setting wifi pada Apple anda
  2. Temukan Wifi dengan SSID “UC Makassar”, lalu klik hubungkan
  3. Tunggu beberapa saat browser dengan portal https://portal.ciputramakassar.ac.id:8090/httpclient.html akan muncul 
  4. Masukkan username dan password yang sudah diberikan 
  5. Notes : Username ada didepan email dengan contoh email : alvin.christian@student.ciputra.ac.id memiliki username alvin.christian

Editing disini 

Tidak Bisa Login Cedx / Elearn

Form PDF / Link Cedx Kalo Ada

Alvin Christian Wijaya

 

Kesulitan Login kedalam CeDX

  1. Pastikan dapat terhubung ke google dengan mencoba login ke browser 
  2. Jika dapat terhubung ke browser dengan masuk ke google bisa menggunakan “login with google”

Jika tidak dapat masuk ke dalam google segera infokan ke petugas BAA di Student Service Lantai 2 Gedung UC Makassar atau dapat dengan mengirimkan email ke ict.makassar@ciputra.ac.id dengan melampirkan Nama, NIM dan Email student yang kesulitan login ke dalam CeDX

Reset Password Gmail

Untuk melakukan request reset password Gmail dapat dilakukan dengan mengirim email ke ict.makassar@ciputra.ac.id dengan melampirkan Nama, NIM dan Email student yang ingin di reset passwordnya

 Nomor kontak center

  1. Student service -  
  2. Tagihan dan pembayaran/ department finance & accounting - 085341991010
  3. Konsultasi mahasiswa (seputar KP) - 085271112021
  4. Penerimaan mahasiswa baru - 
  5. Biro Administrasi Akademik (seputar MBKM, Absensi, KRS, Wisuda, Registrasi Mahasiswa) - WA 082277277844, Email baa.makassar@ciputra.ac.id
  6. Human capital - 0811244122212
  7. Information Communication Technology - 085191546997

 

Surat tugas / surat pengantar

Surat keterangan mahasiswa

Kalender akademik

Surat sakit

Berkas mbkm

Syarat cumlaude

Terim pembayaran

Cuti / aktif

Cara konek wifi

Tidak bisa login student apps /  elearn

Reset password

Bagaimana cara apply/ melamar pekerjaan di UC Makassar 

Terimakasih telah menghubungi HCM UC Makassar, berikut adalah tahapan yang perlu Anda ketahui saat ingin melamar pekerjaan di UC Makassar:

  1. Pengisian Data Diri
    Langkah pertama adalah mengisi data diri Anda melalui tautan yang tersedia di akun Instagram @lifeatkampusciputra atau situs resmi UC Makassar. Pastikan informasi yang Anda berikan lengkap.
  2. Seleksi Tahap Kedua
    Apabila Anda memenuhi kualifikasi yang kami cari, Anda akan dihubungi melalui email untuk mengikuti tahap selanjutnya, dan untuk tahapnya
    yaitu: Untuk Posisi Staff: Interview, Untuk Posisi Dosen: Microteaching dan Interview.
  3. Psikotes
    Jika Anda berhasil melewati tahap wawancara, Anda akan mengikuti psikotes. Proses ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian antara kemampuan dan karakter Anda dengan kebutuhan kami. Hanya peserta dengan hasil psikotes yang sesuai yang akan melanjutkan ke tahap berikutnya.
  4. Tahap Finalisasi
    Setelah psikotes, Anda akan mengikuti tahap finalisasi interview. Pada tahap ini, UC Makassar akan memberikan informasi terkait benefit dan remunerasi. Jika sepakat dan menerima penawarannya, maka akan dilanjutkan ke tahap akhir yakni tes kesehatan (MCU)
  5. Medical Check Up (MCU)
    Pada tahap MCU, Anda diwajibkan mengikuti tes kesehatan pada Laboratorium kerjasama dengan UC Makassar.

Bergabung dengan UC Makassar
Setelah melewati seluruh tahapan seleksi, termasuk Medical Check Up, Anda siap untuk bergabung dan berkontribusi dalam keluarga besar UC Makassar, memulai perjalanan karir yang penuh tantangan dan peluang.

Apa saja posisi yang sementara terbuka?
Halo,
Terima kasih telah menghubungi HCM, berikut adalah posisi yang sementara terbuka di UC Makassar

Dosen Manajemen

Kualifikasi:

  1. Pendidikan S3 – (S1, S2,S3 Manajemen)
  2. Memiliki Jabatan Akademik (JAKA) Dosen akan lebih disukai
  3. Memiliki pengalaman bekerja di institusi/ industri yang terkait dengan prodi akan lebih disukai
  4. Memiliki sertifikat profesi yang relevan lebih diutamakan
  5. Memiliki jiwa 'suka mencetak prestasi dan siap bekerja keras meraihnya'
  6. Memiliki integritas
  7. Dapat bekerjasama dalam tim

 

Deskripsi Pekerjaan:

  1. Merencanakan & Melaksanakan proses pembelajaran serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran secara objektif
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan bidang keilmuannya dan roadmap penelitian/pengabdian kepada masyarakat yang disepakati program studi
  3. Mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  4. Mendukung dan menjalankan tugas penunjang lainnya.


Dosen Informatika

Kualifikasi:

  1. Pendidikan S3 – (S1, S2,S3 Informatika)
  2. Memiliki Jabatan Akademik (JAKA) Dosen akan lebih disukai
  3. Memiliki pengalaman bekerja di institusi/ industri yang terkait dengan prodi akan lebih disukai
  4. Memiliki sertifikat profesi yang relevan lebih diutamakan
  5. Memiliki jiwa 'suka mencetak prestasi dan siap bekerja keras meraihnya'
  6. Memiliki integritas
  7. Dapat bekerjasama dalam tim

 

Deskripsi Pekerjaan:

  1. Merencanakan & Melaksanakan proses pembelajaran serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran secara objektif
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan bidang keilmuannya dan roadmap penelitian/pengabdian kepada masyarakat yang disepakati program studi
  3. Mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  4. Mendukung dan menjalankan tugas penunjang lainnya.


Dosen Desain Komunikasi Visual

Kualifikasi:

Pendidikan S3 – (S1, S2,S3 Desain)

  1. Memiliki Jabatan Akademik (JAKA) Dosen akan lebih disukai
  2. Memiliki pengalaman bekerja di institusi/ industri yang terkait dengan prodi akan lebih disukai
  3. Memiliki sertifikat profesi yang relevan lebih diutamakan
  4. Memiliki jiwa 'suka mencetak prestasi dan siap bekerja keras meraihnya'
  5. Memiliki integritas
  6. Dapat bekerjasama dalam tim

 

Deskripsi Pekerjaan:

  1. Merencanakan & Melaksanakan proses pembelajaran serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran secara objektif
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan bidang keilmuannya dan roadmap penelitian/pengabdian kepada masyarakat yang disepakati program studi
  3. Mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  4. Mendukung dan menjalankan tugas penunjang lainnya.

 

Library Officer

Kualifikasi:

  1. Pendidikan sarjana ilmu perpustakaan
  2. Mengerti standar katalogisasi dan klasifikasi koleksi
  3. Memiliki kemampuan di bidang IT
  4. Memiliki kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik
  5. Bersedia bekerja dengan sistem shift
  6. Dapat bekerja dalam tim
  7. Mengerti sistem otomasi dan repository perpustakaan serta perangkat lunak penelitian

 

Sales Marketing

Deskripsi pekerjaan:
Bertanggung jawab melakukan promosi, menjalin hubungan kerjasama dan memberi informasi kepada pihak sekolah maupun publik (siswa SMA, orang tua) mengenai Kampus UC Makassar, terutama pendaftar agar mencapai target intake mahasiswa yang telah ditetapkan dengan mengacu pada anggaran yang telah disetujui dan ditetapkan.

Kualifikasi : 

  1. Pria/Wanita, 21-27 Tahun
  2. Pendidikan minimal strata 1 (semua jurusan)
  3. Memiliki pengalaman dibidang terkait akan lebih diutamakan
  4. Memiliki interpersonal skill yang bagus, supel dan cepat beradaptasi
  5. Inisiatif, kreatif, dan berpikir out of the box
  6. Memiliki kemampuan komunikasi verbal dan tulisan yang bagus

 

Quality Assurance (QA Officer)

Deskripsi pekerjaan:
Bertanggung jawab dalam melakukan perencanaan dan pengendalian dalam pengelolaan sistem penjaminan mutu mulai dari tahap penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan untuk mendorong terbentuknya budaya mutu yang unggul guna mencapai tujuan institusi.
Kualifikasi : 

  1. Wanita usia 22-35 tahun
  2. Pendidikan S1, jurusan Teknik
  3. Memiliki keahlian dalam Microsoft Office (terutama excel, ppt, word dan visio)
  4. Mampu mengolah dan menganalisis data
  5. Mampu melakukan perencanaan dan pengendalian dalam pengelolaan sistem penjaminan mutu
  6. Mempunyai integritas yang tinggi
  7. Dapat bekerja secara tim

Bagaimana Cara Menggunakan Klaim Rawat Inap?

Jika Bapak/Ibu ingin menggunakan Klaim Rawat Inap hal yang perlu Bapak/Ibu lakukan dan perhatikan yaitu

Panduan Klaim Rawat Inap dengan Mudah dan Cepat

  1. Download Aplikasi AAA_ Mobile
    Langkah pertama, pastikan anda mengunduh aplikasi AAA_ Mobile melalui App Store atau Play Store di ponsel anda. Aplikasi ini akan membantu anda mengelola klaim rawat inap dengan mudah.
  2. Daftar Akun di Aplikasi AAA_ Mobile
    Jika anda belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu di aplikasi AA Mobile. Masukkan Card Number Ciputra Life anda, yang dapat Anda temukan pada email yang telah dikirimkan oleh tim HCM atau dapat anda lihat melalui profil anda di CEdX.
  3. Cek Plafon dan Daftar Rumah Sakit melalui Aplikasi AAA_ Mobile
    Setelah berhasil login, cek plafon klaim anda melalui aplikasi. Selain itu, pastikan rumah sakit tempat anda akan melakukan rawat inap termasuk dalam daftar rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi Ciputra Life. Daftar rumah sakit ini dapat anda lihat di aplikasi AAA_ Mobile.
  4. Hubungi Call Center Ciputra Life (0818-0310-9990)
    Sebelum melakukan rawat inap, hubungi Call Center Ciputra Life di nomor 0818-0310-9990. Konfirmasikan rencana rawat inap Anda kepada tim Ciputra Life untuk memastikan klaim anda dapat diproses dengan lancar.
  5. Konfirmasi dengan Tim Ciputra Life
    Tim Ciputralife akan memeriksa plafon dan informasi lainnya. Setelah pengecekan selesai, anda akan mendapatkan persetujuan untuk melanjutkan proses rawat inap.
  6. Registrasi Rawat Inap di Rumah Sakit
    Setelah mendapatkan konfirmasi dari Ciputra Life, anda dapat melakukan registrasi rawat inap di rumah sakit yang telah anda pilih. Proses registrasi ini akan mengarahkan anda untuk menerima tindakan medis sesuai dengan kebutuhan rawat inap anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Klaim Rawat Jalan?

Jika Bapak/Ibu ingin menggunakan klaim rawat jalan (Gigi, Dokter Spesialis/Umum)  hal yang perlu Bapak/Ibu lakukan dan perhatikan yaitu :

Panduan Lengkap Klaim Rawat Jalan yang Mudah dan Cepat

  1. Cek Plafon Klaim Rawat Jalan Anda Terlebih Dahulu
    Sebelum memulai klaim, pastikan plafon klaim kesehatan anda masih tersedia dan mencukupi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda dapat menggunakan fasilitas klaim rawat jalan.
  2. Download Form Klaim Rawat Jalan di CEdX
    Setelah memastikan plafon anda cukup, akses CEdX dan buka Dokumen List (https://employee.uc.ac.id/doc_info/data_doc) . Di sana, anda akan menemukan form klaim rawat jalan yang perlu diunduh dan di print. Form ini kemudian bisa anda bawa ke dokter untuk diisi.
  3. Pastikan Dokter Mengisi Form Klaim dengan Lengkap
    Saat Anda berkonsultasi dengan dokter, pastikan form klaim diisi dengan lengkap. Dokter akan mencatat detail yang diperlukan, seperti diagnosis dan tindakan medis yang diberikan. Pastikan semua kolom terisi dengan benar dilengkapi dengan ttd dan stempel dari dokter.
  4. Upload Form ke CEdX - Claim
    Setelah form klaim diisi oleh dokter, selanjutnya anda harus meng-upload form tersebut ke CEdX (https://employee.uc.ac.id/claim/my_claim) di bagian Claim. Jangan lupa untuk menggabungkan form klaim dengan invoice (struk pembayaran) menjadi satu file. Saat mengisi klaim, pastikan untuk memilih kategori yang tepat:
  • Untuk konsultasi kesehatan, pilih menu Dokter Umum atau Dokter Spesialis.
  • Jika ada obat yang disarankan oleh dokter dan di beli oleh pasien, pilih menu Medicine.
  1. Setelah semuanya terisi dengan benar, Bapak/Ibu dapat langsung mensubmit klaim.
  2. Batas Waktu Klaim Rawat Jalan: 14 Hari Kerja
    Ingat, klaim untuk rawat jalan hanya dapat diajukan dalam waktu 14 hari kerja sejak tanggal invoice dikeluarkan. Pastikan Anda mengajukan klaim sebelum batas waktu ini berakhir agar klaim Anda dapat diproses dengan lancar.
  3. Serahkan Dokumen Asli Klaim ke HCM
    Setelah submit dokumen klaim rawat jalan pada CEdX, serahkan form tersebut ke bagian HCM untuk diproses lebih lanjut.

Bagaimana Cara Menggunakan Klaim Frame/lensa kacamata ?

 

Jika Bapak/Ibu ingin menggunakan klaim frame/lensa kacamata  hal yang perlu Bapak/Ibu lakukan dan perhatikan yaitu :

 

  1. Cek Plafon Klaim Frame/lensa kacamata Bapak/Ibu Terlebih Dahulu
    Sebelum memulai klaim, pastikan plafon klaim Frame/lensa Bapak/Ibu masih tersedia dan mencukupi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa anda dapat menggunakan fasilitas klaim frame/lensa kacamata.
  2. Klasifikasi Klaim Frame/lensa kacamata

    Untuk pengguna kacamata baru :

    Sertakan bukti hasil pemeriksaan dokter yang merekomendasikan anda untuk menggunakan kacamata.

Lampirkan juga ukuran kacamata untuk mata kanan dan kiri.

Jangan lupa sertakan invoice atau struk pembelian kacamata, yang di merge menjadi 1 file


Untuk pengguna kacamata yang sudah menggunakan kacamata sejak bergabung di UC Makassar :


Cukup lampirkan ukuran kacamata untuk mata kanan dan kiri, serta invoice pembelian kacamata.

  1. Upload Dokumen ke CEdX - Claim
    Selanjutnya anda harus meng-upload form tersebut ke CEdX (https://employee.uc.ac.id/claim/my_claim) di bagian Claim. Jangan lupa untuk menggabungkan form klaim dengan invoice (struk pembayaran) menjadi satu file. Saat mengisi klaim, pastikan untuk memilih kategori yang tepat: Frame/Lensa Kacamata.
    Catatan :

    Bingkai Kacamata dapat diganti setiap 3 tahun sekali, dihitung sejak penggantian pertama setelah anda diangkat sebagai karyawan tetap.

Lensa Kacamata dapat diganti setiap 1 tahun sekali, kecuali jika ada rekomendasi dari dokter untuk mengganti lensa sebelum 1 tahun.

  1. Setelah semuanya terisi dengan benar, anda dapat langsung mensubmit klaim anda.
  2. Batas Waktu Klaim Frame/Lensa Kacamata: 14 Hari Kerja
    Ingat, klaim untuk Frame/Lensa Kacamata hanya dapat diajukan dalam waktu 14 hari kerja sejak tanggal invoice dikeluarkan. Pastikan Anda mengajukan klaim sebelum batas waktu ini berakhir agar klaim Anda dapat diproses dengan lancar.
  3. Serahkan Dokumen Asli Klaim ke HCM
    Setelah submit dokumen klaim rawat jalan pada CEdX, serahkan form tersebut ke bagian HCM untuk diproses lebih lanjut.

Bagaimana Cara Menggunakan Klaim Inhouse?

Jika Bapak/Ibu ingin menggunakan klaim Inhouse  hal yang perlu Bapak/Ibu lakukan dan perhatikan yaitu :

 

  1. Cek Plafon Klaim Inhouse Terlebih Dahulu
    Sebelum memulai klaim, pastikan plafon klaim inhouse masih tersedia dan mencukupi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda dapat menggunakan fasilitas klaim inhouse.
  2. Upload Dokumen ke CEdX - Claim
    Selanjutnya Anda harus meng-upload dokumen tersebut ke CEdX (https://employee.uc.ac.id/claim/my_claim) di bagian Claim. Jangan lupa untuk menggabungkan form klaim dengan invoice (struk pembayaran) menjadi satu file. Saat mengisi klaim, pastikan untuk memilih kategori yang tepat: Inhouse
    Catatan :
    Yang termasuk dengan perawatan selama kehamilan adalah pemeriksaan rutin ke dokter kandungan dan pengobatan/perawatan yang direkomendasi oleh dokter kandungan berkaitan dengan kehamilan istri karyawan atau karyawati, sejak yang bersangkutan dinyatakan hamil sampai dengan sebelum melahirkan.


Penggantian biaya hanya diberikan untuk pemeriksaan oleh dokter dan untuk obat obatan yang dibeli sesuai dengan resep dokter dengan memberikan bukti pembayaran/ kuitansi asli dan copy resep

 

  1. Setelah semuanya terisi dengan benar, Anda dapat langsung mensubmit klaim Anda.
  2. Batas Waktu Klaim Frame/Lensa Kacamata: 14 Hari Kerja
    Ingat, klaim untuk Frame/Lensa Kacamata hanya dapat diajukan dalam waktu 14 hari kerja sejak tanggal invoice dikeluarkan. Pastikan Anda mengajukan klaim sebelum batas waktu ini berakhir agar klaim Anda dapat diproses dengan lancar.
  3. Serahkan Dokumen Asli Klaim ke HCM
    Setelah submit dokumen klaim rawat jalan pada CEdX, serahkan form tersebut ke bagian HCM untuk diproses lebih lanjut. 

Bagaimana Cara Menggunakan Klaim Persalinan?

Bagaimana Cara Menggunakan Klaim Kecelakaan Kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan?

Panduan Klaim Kecelakaan Kerja dengan BPJS Ketenagakerjaan

Jika terjadi kecelakaan kerja, berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk mengajukan klaim menggunakan BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Segera Laporkan Kecelakaan Kerja ke Atasan atau HCM
    Jika terjadi kecelakaan kerja, segera laporkan kejadian tersebut kepada atasan atau bagian HRD di perusahaan Anda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa langkah-langkah selanjutnya dapat segera diambil. 
  2. Periksa Identitas Peserta BPJS Ketenagakerjaan
    Pastikan anda terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika belum, pastikan segera didaftarkan agar klaim dapat diproses dengan baik. 
  3. Dapatkan Surat Rujukan dari Perusahaan
    Perusahaan akan memberikan Surat Rujukan Kecelakaan Kerja yang diperlukan untuk membawa anda ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. 
  4. Bawa Surat Rujukan ke Fasilitas Kesehatan
    Dengan surat rujukan tersebut, anda dapat langsung menuju rumah sakit atau klinik yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan perawatan. Pastikan untuk membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan anda juga. 
  5. Lakukan Pemeriksaan dan Perawatan
    Di rumah sakit atau fasilitas kesehatan, lakukan pemeriksaan dan perawatan sesuai dengan yang diperlukan oleh kondisi anda. Semua biaya perawatan akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan sesuai ketentuan yang berlaku. 
  6. Buat Laporan Kecelakaan Kerja ke BPJS Ketenagakerjaan
    Setelah perawatan, perusahaan atau HCM akan membantu anda untuk membuat laporan kecelakaan kerja ke BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan Anda memberikan semua dokumen yang diperlukan, seperti surat keterangan kecelakaan, hasil pemeriksaan medis, dan bukti perawatan. 
  7. Proses Klaim BPJS Ketenagakerjaan
    BPJS Ketenagakerjaan akan memproses klaim anda. Setelah klaim disetujui, anda akan menerima manfaat perawatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BPJS Ketenagakerjaan, seperti biaya pengobatan atau tunjangan lainnya. 
  8. Ikuti Proses Pemulihan dengan Rutin
    Pastikan Anda mengikuti semua instruksi medis selama masa pemulihan. BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan perlindungan selama proses penyembuhan atau rehabilitasi kecelakaan kerja.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, klaim kecelakaan kerja anda akan diproses dengan baik dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan dapat langsung Anda terima. Pastikan untuk selalu melaporkan setiap kejadian kecelakaan dengan cepat dan lengkap agar proses klaim berjalan lancar.


Responsive Floating Hamburger Menu
UC Surabaya UC Online UC Jakarta