5 Manfaat Artificial Inteligence Dalam Bisnis

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan adalah suatu sistem kecerdasan yang memiliki kemampuan berpikir seperti manusia. Perkembangan teknologi yang pesat dan didukung dengan era digital, membuat kecerdasan buatan juga ikut berkembang pesat. Hadirnya artificial intelligence (AI) memberikan solusi atas masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh manusia. Kecerdasan buatan sudah banyak digunakan di berbagai bidang seperti perbankan, kesehatan, manufaktur, dll.

Kecerdasan buatan juga bisa diterapkan dalam bisnis. Ada beberapa manfaat kecerdasan buatan dalam bisnis. Di antaranya:

Dapat Digunakan Dalam Melakukan Analisis Data

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence dibangun berdasarkan algoritma, sehingga AI mampu menganalisis beragam data. Hal ini tentu memudahkan manusia untuk menganalisis data secara cepat dan akurat. Selain itu, berkat kecerdasan buatan pekerjaan manusia bisa lebih efektif dan efisien.

Dapat Mengolah Data Lebih Optimal

Karena bisa berpikir layaknya manusia—kecerdasan buatan mampu mengidentifikasi target pasar serta masalah yang mungkin mereka hadapi. Hal ini tentunya memudahkan kita dalam melakukan riset pasar. Sehingga kita bisa mengumpulkan data calon pelanggan secara akurat. Riset pasar adalah langkah awal dalam memulai bisnis.

Menghemat Biaya Pemasaran

Ya, dengan adanya keceradasan buatan—kita bisa menghemat sekaligus memangkas biaya yang tidak perlu dalam melakukan riset. Bayangkan, tanpa kecerdasan buatan, tentu kita akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mengidentifikasi calon pelanggan beserta masalahnya. Artificial intelligence telah menghemat waktu dan biaya yang harus kita keluarkan untuk melakukan riset pasar.

Adanya Layanan 24 Jam

Dalam membangun bisnis, layanan 24 jam ini memang diperlukan. Dengan adanya layanan ini—kita bisa melakukan komuniasi dengan pelanggan setiap saat. Namun, sebagai manusia biasa, kita tidak mungkin melayani seseorang setiap saat. Kita juga perlu waktu untuk beristirahat. Karena manusia tidak mungkin sanggup bekerja selama 24 jam nonstop.

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa memanfaatkan kecerdasan buatan. Tentu kita pernah mengirim pesan kepada customer service, tetapi yang membalas pesan tersebut ternyata bukan manusia melainkan mesin. Pernah mengalami kejadian seperti itu?

Agar tetap bisa terhubung dan berkomunikasi dengan pelanggan, banyak perusahaan menggunakan kecerdasaan buatan dalam layanan customer service mereka. Hal ini untuk mengakomodasi berbagai keluhan pelanggan serta bisa memberikan respon yang cepat. Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengatasi masalah mereka.

Meningkatan Penjualan

Untuk bisa meningkatan penjualan, kita menggunakan berbagai media promosi. Baik promosi secara offline maupun online. Salah satu media promosi online yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah iklan. Kita bisa beriklan di Facebook, Instagram, maupun di platform lain.

Ketika beriklan melalui iklan berbayar di media sosial—terkadang hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Iklan yang kita jalankan tidak dapat meningkatkan penjualan. Namun, seiring berkembangnya teknologi, algoritma media sosial kini bisa memahami iklan beserta taget pasar yang kita bidik. Sehingga iklan yang dijalankan bisa lebih optimal dan menjangkau orang-orang yang tepat sesuai dengan produk atau jasa yang kita iklankan.

Berkembangnya algoritma media sosial tidak terlepas dari perkembangan kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan tidak hanya dapat digunakan di industri bisnis, melainkan bisa digunakan di industri lain.

Hadirnya kecerdasan buatan memang memberikan dampak positif bagi manusia. Salah satunya pekerjaan manusia bisa lebih cepat dan efisien. Namun, di sisi lain, kecrdasan buatan juga membawa dampak buruk bagi manusia. Misalnya, banyak pekerjaan kini yang digantikan oleh robot berkat kecerdasan buatan. Alhasil, banyak perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan secara massal. Sehingga menciptakan jumlah pengangguran yang besar.

Artikel lain
×